M4 GT3 EVO 2025: Monster Balap Terbaru BMW Seharga Rp10,1 Miliar

JAKARTA - Bersamaan pengenalan seri terbaru dari sejumlah model BMW untuk musim panas di antaranya Seri 2, 3 hingga 7, BMW juga merilis versi BMW M4 GT3 terbaru, senjata tempur BMW yang sudah meraup 80 kemenangan dan 9 gelar juara. Kini, BMW menghadirkan versi EVO yang lebih ganas dan siap mendominasi sirkuit balap pada musim 2025.

Sekilas M4 GT3 EVO memang mirip dengan M4 jalan raya yang mendapat facelift di awal tahun. Namun, ada ubahan signifikan yang membuat mobil ini jadi monster buas di trek.

Apa saja perubahannya? Melansir Motor1, 31 Mei, tampak pertama adalah fascia depan kini menggunakan lampu utama baru dari M4 jalan raya, tapi dengan tambahan daytime running light kuning seperti M4 CS edisi terbatas. Lampu ini tak hanya terlihat agresif, tapi juga lebih ringan dan mudah diservis.

Di belakang, M4 GT3 EVO menggunakan lampu belakang laser yang pertama kali ada di BMW M4 CSL 2022.

Ubahan tak berhenti di sektor penerangan. Spion dibuat lebih kecil untuk meningkatkan aerodinamika, sementara lubang udara di lengkungan roda depan diperbesar untuk aliran udara yang lebih baik. BMW juga mengubah sudut sayap belakang yang masif untuk menambah downforce.

Belum puas? BMW membekali M4 GT3 EVO dengan anti-roll bar khusus di kedua as roda, cakram rem belakang yang lebih besar, dan differential yang dioptimalkan untuk memudahkan penyesuaian.

Dari ukuran, M4 GT3 EVO cukup besar. Dengan panjang 197,6 inci (502 cm), mobil ini hampir sepanjang sedan bongsor BMW Seri 7 E65. Lebarnya? 80,3 inci (204 cm) - hampir sama dengan Bugatti Chiron.

Untuk mengurangi bobot, BMW tak lagi menggunakan pengecatan konvensional. Sebagai gantinya, pabrikan Jerman ini menggunakan cathodic dip coating, lapisan anti-karat yang lebih ringan. Bahkan, beberapa bagian bodi kini tampil dengan serat karbon terbuka karena lapisan matte hitam non-reflektif dihilangkan.

Soal performa, M4 GT3 EVO masih mengandalkan mesin P58, mesin 3.0-liter twin-turbo inline-6 yang menghasilkan tenaga hingga 590 dk. Tenaga disalurkan ke roda melalui gearbox sekuensial Xtrac enam percepatan. Menariknya, BMW mengklaim turbo kini lebih andal dan tidak memerlukan servis hingga 20.000 km pertama!

Berapa tebusan untuk memiliki monster balap ini? Dalam rilis BMW disebut, M4 GT3 EVO dibanderol 578.000 euro atau sekitar Rp10,1 miliar.