Bagikan:

JAKARTA - BMW Seri-5 generasi terbaru telah diperkenalkan secara global pada pertengahan tahun 2023 dan ditawarkan dengan berpenggerak bensin maupun listrik (i5). Namun pabrikan juga akan mengenalkan versi mesin diesel untuk pasar Australia.

Dilaporkan Drive, Kamis, 30 Mei, pabrikan bermarkas di Munchen, Jerman ini akan memperkenalkan sedan mewah tersebut dengan mesin diesel pada akhir tahun ini.

Dengan demikian, BMW akan membawa 540d xDrive ke pasar negeri kanguru sebagai pengganti dari generasi sebelumnya 530d yang telah digunakan untuk patroli jalan raya di wilayah New South Wales, Victoria, dan Tasmania.

5

Selain itu, mobil ini kemungkinan akan dijual kepada pembeli swasta, sebagai kendaraan non-listrik kedua dalam jajaran Seri-5 generasi kedelapan, disamping versi bermesin bensin 520i.

5

Mobil ini disebut miliki performa lebih bertenaga dibandingkan generasi sebelumnya. Dibekali dengan mesin 3,0 liter 6-silinder segaris turbo-diesel digabungkan dengan mild-hybrid 48V, 540d xDrive miliki kekuatan hingga 303 dk dan torsi 670 Nm. Bekerja sama dengan transmisi delapan percepatan otomatis. tambahan tenaga dari mild-hybrid, dan berpenggerak semua roda, mobil tersebut diklaim dapat berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,2 detik.

Sebagai pembanding, BMW 530d miliki mesin berkapasitas sama dengan tenaga mencapai 265 dk dan torsi 620 Nm berpenggerak roda belakang, sehingga dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,7 detik.

Selain itu, sejumlah perlengkapan standar akan menghiasi 540d xDrive termasuk paket M Sport, pelek 20 inci alloy, lampu depan LED adaptif, illuminated front grille, dan warna metallic.

Kemungkinan mobil tersebut dibanderol dengan harga 131.400 dolar AS (Rp1,4 miliaran) dan akan tiba di pasar Australia antara Oktober dan Desember tahun ini.