Bagikan:

JAKARTA - Produsen otomotif asal Jerman, BMW berencana melebarkan sayap divisi M Motorsport dengan mengisyaratkan kehadiran mobil balap entry-level berbasis dari M2.

Kabar tersebut terungkap pada laman resminya ketika pabrikan mengunggah foto lengkap mobil balap M2 dengan stiker kamuflase di beberapa bagiannya. Disebutkan bahwa model tersebut akan debut pada 2026 mendatang.

Meskipun pabrikan tidak menyebutkan detail mobil tersebut, dipastikan ini merupakan penerus dari M235i Racing, M240i Racing, dan M2 CS Racing yang sebelumnya pernah diikutkan dalam sejumlah ajang balap di seluruh dunia.

8

Head of Customer Racing BMW M Motorsport Bjorn Lellmann, mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja secara intensif dalam mengembangkan model tersebut dan diharapkan memiliki performa optimal untuk tim customer.

“Teknisi kami telah bekerja secara intensif pada tahap awal pengembangan ini untuk mempersiapkan mobil secara optimal untuk digunakan pelanggan,” kata Lellmann dikutip dari laman resmi BMW Group, Rabu, 21 Agustus.

Dengan hadirnya model tersebut, ini semakin memperkuat portofolio BMW M Motorsport dalam menghadirkan beragam mobil balap menyusul kesuksesan peluncuran M4 GT3 Evo dan M4 GT4 Evo.

8

Kemungkinan mobil tersebut akan menggunakan basis dari BMW M2 versi facelift yang telah diperkenalkan secara global beberapa waktu lalu, namun spesifikasi dan performanya bakal ditingkatkan untuk kebutuhan trek balap.

Pada Juni lalu, merek membawa versi update pada M2 dengan perubahan minor. Salah satu perubahannya ialah tampilannya lebih sporty dengan mesin lebih bertenaga.

Sedan bertubuh kompak ini tetap mempertahankan mesin 3,0 liter 6-silinder yang sama seperti sebelumnya. Namun, pabrikan meningkatkan dayanya menjadi 480 dk atau naik 20 dk dari sebelumnya dengan torsi maksimal hingga 600 Nm.

Mesin tersebut akan digabungkan dengan sistem transmisi delapan percepatan M Steptronic with Drivelogic. Namun, BMW juga menawarkan opsi transmisi manual untuk kesenangan berkendara yang lebih baik.

Dengan transmisi delapan percepatan M Steptronic, mobil ini dapat berjalan dari 0 ke 96 km/jam dalam 3,9 detik dengan kecepatan tertinggi 285 km/jam. Sementara dengan transmisi manual, M2 terbaru mampu berakselerasi dari 0 ke 96 km/jam dalam 4,1 detik dengan kecepatan tertinggi 250 km/jam.