Toyota Hadirkan Trim Khusus pada Land Cruiser Prado di Australia, Apa Keistimewaannya?

JAKARTA - Toyota Land Cruiser 250 atau disebut Prado secara resmi hadir di pasar Australia dengan desain gagah, fitur canggih, dan mesin lebih tangguh dari sebelumnya.

Vice President Sales, Marketing and Franchise Operations Toyota Australia Sean Hanley, mengatakan perubahan pada Land Cruiser Prado mencerminkan permintaan pelanggan akan kendaraan off-road berkemampuan tinggi yang dilengkapi dengan fitur-fitur premium.

“Memadukan tujuh dekade warisan off-road Land Cruiser dengan utilitas modern dan tampilan SUV mewah, mobil ini ditakdirkan untuk menjadi generasi yang paling diinginkan,” kata Hanley dalam laman resmi Toyota Australia, Kamis, 30 Mei.

Sama seperti pasar lainnya, SUV ini ditawarkan dalam beberapa trim dengan keunggulan masing-masing. Namun, pabrikan dari Jepang ini tawarkan trim khusus untuk negeri kanguru ini dinamakan Kakadu, trim ini merupakan yang tertinggi dan lebih premium dibandingkan empat varian lainnya, yakni GX, GXL, VX, dan Altitude. Lalu, apa yang membedakannya?

Trim Kakadu memiliki grill yang lebih besar dihiasi oleh bilah vertikal sehingga menampilkan kesan mengkilap dengan emblem Toyota di bagian depan, berbeda dengan lainnya yang hanya memasang tulisan “Toyota”.

Dengan demikian, pabrikan merevisi sejumlah desain termasuk fasia depan. Lebih lanjut, Land Cruiser dengan trim ini memiliki pelek 20 inci dengan pelapis bumper sewarna bodi sehingga memberikan kesan premium dan tangguh.

Toyota masih bungkam mengapa trim ini diberikan grill khusus. Meskipun demikian, ada kemungkinan pabrikan melihat popularitas model sebelumnya yang memakai grill serupa sehingga pelanggan dapat mengetahui bahwa ini merupakan Land Cruiser Prado terbaru.

Keistimewaan lainnya varian ini adalah Kakadu memfokuskan pada kenyamanan dari sistem Adaptive Variable Suspension (AVS) yang dipasangkan dengan torque-sensing rear limited-slip differential, bersamaan dengan Drive Mode Select dan Multi-Terrain Select.

Semua varian SUV ini juga dihadirkan dengan lampu depan persegi panjang yang ramping di Australia, berbeda dengan lainnya yang memakai lampu bulat bertema retro.

Untuk spesifikasi pasar Australia, mobil ini dihadirkan dengan opsi mesin 2,8 liter 4-silinder diesel saja. Artinya, Land Cruiser Prado memiliki tenaga 201 dk dan torsi 500 Nm. Tidak hanya itu, Toyota menghadirkannya dengan sistem mild-hybrid Toyota V-Active 48V yang bertujuan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Untuk harganya, Land Cruiser Prado generasi terbaru ini dibanderol mulai 72.500 hingga 92.700 dolar Australia (Rp778,1 jutaan hingga Rp994,9 jutaan). Untuk trim Kakadu, Toyota membanderol hingga 99.990 dolar Australia (setara Rp1 miliaran).