Tekan TBC, Pemkot Jakpus Lakukan Sosialisasi Terapi Pencegahan

JAKARTA - Dalam upaya menekan Tuberkulosis (TBC) di Jakarta Pusat, Pemkot Jakarta Pusat menggencarkan sosialisasi Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

"TPT ini dapat mencegah TBC aktif pada ODHIV, mencegah bakteri TBC yang tidur atau tidak aktif menjadi TBC aktif, mengurangi penyebaran TBC, serta menghindari komplikasi dan pengobatan lebih lanjut bila sakit TBC," ucap Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma kepada wartawan, Rabu, 29 Mei.

Dhany menjelaskan, TPT merupakan pemberian terapi pencegahan yang digunakan untuk mencegah terjadinya sakit TBC pada orang yang kontak serumah dengan pasien TBC, orang dengan HIV (ODHIV), serta kelompok risiko lainnya dengan HIV negatif, tenaga kesehatan, dan diberikan secara gratis selama tiga atau enam bulan.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Pusat, Rismasari mengatakan, kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama dua hari yang diikuti oleh empat kecamatan.

"Kegiatan ini sudah kami lakukan 2 hari, di Kecamatan Johar Baru dan Kemayoran. Kemudian hari ini diikuti oleh Kecamatan Sawah Besar dan Senen," katanya.

Risma juga meminta kepada camat, lurah, dan kepala seksi kesejahteraan rakyat (kasie kesra) untuk mendukung program kegiatan kampung bebas TB.