Menpora Yakin Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

JAKARTA - Kinerja pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak diragukan oleh Menpora Dito Ariotedjo.

Ia bahkan yakin bahwa taktik yang diterapkan sang pelatih bisa membawa Skuad Garuda lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia saat ini tengah dalam persiapan matang untuk menghadapi dua laga terakhir di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tim asuhan Shin Tae-yong akan menjadi tuan rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, saat menghadapi Irak (6 Juni 2024) dan Filipina (11 Juni 2024).

Sebagai persiapan, sang pelatih telah memanggil 22 nama pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia. Dari daftar tersebut, Dito yakin bahwa Shin Tae-yong bakal meramu taktik yang apik.

Apalagi, komposisi tim didominasi pemain muda yang punya pengalaman memperkuat tim kelompok umur dan senior. Di mata Dito, pengalaman para pemain itu menghasilkan kepercayaan diri tinggi.

Mereka sudah ditempa tampil di berbagai ajang internasional, khususnya level Asia, dengan lawan kuat beragam yang bisa jadi modal tambahan.

"Kemarin kita lihat mayoritas pemain di Timnas Indonesia U-23 main juga nanti di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026."

"Pastinya, hal itu juga menjadi persiapan. Jadi, kemarin saya komunikasi dengan PSSI dan Timnas Indonesia bahwa terpenting iala percaya diri, jaga konsistensi. Saya yakin ini berkembang," kata Dito Ariotedjo dalam keterangannya dikutip pada Selasa, 21 Mei 2024.

"Gameplay Timnas Indonesia sangat baik. Ya, optimistis karena kita akan melawan Irak, setelah itu Filipina. Saya, sih, optimistis salah satunya (pertandingan) kita menang," ujarnya.

Timnas Indonesia jelas dalam kepercayaan diri tinggi. Mereka di ambang kelolosan ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Saat ini, tim asuhan Shin Tae-yong sudah berada di posisi kedua Grup F putaran kedua. Hasil itu diraih Skuad Garuda setelah mengemas tujuh poin dari empat pertandingan.

Dengan catatan itu, Rizky Ridho dan kawan-kawan hanya butuh minimal satu kemenangan atau tiga lagi saat menghadapi Irak dan Filipina.

Jika itu berhasil diraih, mereka bukan saja melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, tapi juga akan lolos otomatis ke Piala Asia 2027.