7 Fungsi Tulang Tempurung Lutut dan Masalah Kesehatan yang Mengintai

YOGYAKARTA – Tulang tempurung lutut atau patella merupakan tulang berbentuk segitiga kecil yang terletak di bagian depan sendi lutut. Fungsi  tulang tempurung lutut yang utama adalah melindungi lutut serta meningkatkan fungsi pergerakan lutut secara lebih baik.

Secara anatomi, tempurung lutut terbungkus tendon, yang menghubungkan otot-otot paha dengan tulang kering tepat di bawah sendi lutut. Sebagai tulang sesmoid atau tulang yang lokasinya berada di atas persendian atau otot, tulang tempurung dapat melindungi lutut dari cedera.

Fungsi Tulang Tempurung Lutut

Di atas telah disinggung bahwa fungsi utama tempurung lutut alias patella adalah melindungi lutut serta meningkatkan fungsi pergerakan lutut secara lebih baik.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 18 Mei 2024, berikut ini adalah fungsi lain dari tulang tempurung lutut yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu sendi lutut menekuk dan bergerak

Fungsi patella yang lainnya adalah membantu sendi lutut menekuk dan bergerak optimal. Pertemuan ketiga tulang ini berperan dalam setiap gerakan tubuh, utamaya yang memerlukan pergerakan paha.

2. Memperkuat sendi lutut

Asal tau saja, tulang tempurung lutut turut berperan menyusun sendi lutut bersama dengan dua tulang lainnya, yakni tulang paha dan tulang kering. Pertemuan ketiga tulang ini membuat sendi lutut menjadi lebih kuat dan dapat menopang lebih dari 75 persen berat tubuh.

3. Menyeimbangkan pergerakan sendi lutut

Berikutnya, tulang tempurung lutut berfungsi menyeimbangkan persendian lutut ketikaa bergerak.

Tak hanya itu, tulang tempurung lutut juga turut meningkatkan fungsi rentang gerak sendi lutut agar menjadi lebih optimal.

Perlu Anda pahami, ketika paha dan kaki bergerak, tempurung lutut menjaga keseimbangan, arah, tekanan dan rentang tendon baik di paha maupun di sekitar lutut.

4. Menjaga sendi lutut agar tidak cedera

Ketika seseorang terjatuh dengan posisi telungkup atau tersungkur, anggota tubuh yang kerap menjadi tumpuan utama adalah tangan dan lutut. Nah, menjadikan lutut sebagai tumpuan dapat menyebabkan trauma atau cedera di persendian. Cedera tersebut dapat diminimalisir tingkat keparahannya karena ada perlindungan dari tulang tempurung lutut.  

5. Meningkatkan kekuatan otot paha

Tulang tempurung lutut juga dapat menyokong kekuatan otot paha dengan cara mengoptimalkan pergerakan dari lutut. Patella dapat meningkatkan kekuatan otot paha hingga 33-50 persen saat digunakan untuk menahan beban.

6. Menghubungkan otot paha dan tulang kering

Tulang tempurung lutut menjadi satu-satunya penghubung antara otot paha bagian depan dengan tulang kering.

7. Menjaga tendon di paha

Sebelumnya telah disinggung bahwa tulang tempurung lutut berperan menyambung otot paha bagian depan dengan tulang kering. Selain itu, patella juga berfungsi dalam menjaga bagian tendon dan tulang kering sehingga mengurangi tekanan dan gesekan.

Tekanan itu akan terbagi secara merata di area tulang kering. Tendon sendiri adalah jaringan yang melekatkan otot dengan tulang dan organ lainnya supaya fungsi dari pergerakan menjadi lebih optimal.

Masalah Kesehatan pada Tulang Tempurung Lutut

Tulang tempurung lutut sangat rentan terhadap cedera. Beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi pada bagian lutut ini antara lain:

  • Tendonitis patella: cedera pada tendon yang menghubungkan tempurung lutut ke tulang kering. Gangguan ini dapat terjadi ketika melompat dan berlari.
  • Dislokasi patella: kondisi ini perlu mendapatkan penanganan medis untuk mengembalikan posisi tulang seperti semula.
  • Bursitis: peradangan pada sendi yang mengakibatkan benjolan berisi cairan.

Demikian informasi tentang fungsi tulang tempurung lutut. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.