Layar OLED di iPad Pro Terbaru Kesulitan Menampilkan Warna Biru

JAKARTA – Setelah menggelar acara Let Loose pada 7 Mei lalu, iPad Pro terbaru yang diperkenalkan oleh Apple mendapatkan sorotan. Perangkat ini banyak dipuji, baik karena fiturnya maupun karena layar OLED yang digunakan. 

Banyak pengulas teknologi yang mengatakan bahwa panel OLED di iPad Pro terbaru menghadirkan warna yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya dan pencahayaannya jauh lebih terang. Dengan kombinasi tersebut, layar iPad Pro terbaru dinilai lebih tajam.

Apple pun mengeklaim bahwa mereka menggunakan panel OLED terbaik saat membuat iPad Pro generasi terbaru. Terlepas dari peningkatan yang memang jauh lebih baik, ada masalah pada layar iPad Pro terbaru. Masalah ini cukup fatal karena berkaitan dengan warna.

Berdasarkan laporan iMore, dikutip melalui 9to5mac, layar di iPad Pro terbaru tidak bisa menampilkan warna biru tertentu, termasuk biru tua dan nila, secara maksimal. Saat memutar konten dengan format HDR, warna biru ini akan tampak memutih di layar.

Masalah ini ditemukan saat pihak iMore menonton seri Stranger Things sambil mengaktifkan fitur Dolby Vision. Di seri ketiga episode kelima, muncul adegan anak-anak menyusuri terowongan dan warnanya menjadi dominan biru. Saat itulah masalah warna terlihat.

Pihak Apple mengonfirmasi bahwa masalah ini memang terjadi. Mereka menyadari bahwa layar iPad Pro terbaru sulit menampilkan warna biru di format tayangan yang cukup berat. Beruntungnya, masalah ini bukan berasal dari perangkat keras, melainkan perangkat lunaknya.

Apple sedang berupaya memperbaiki masalah pada mesin pengolah gambarnya di iPad Pro terbaru. Jika masalah pada warnanya sudah teratasi, Apple akan merilis perbaikan untuk perangkat lunaknya melalui pembaruan sistem iPadOS.