Pencuri Uang di ATM BRI Duren Sawit Diikat dan Dilakban Warga Agar Tidak Melarikan Diri

JAKARTA - Seorang pemuda berhasil dipergoki warga saat melakukan pencurian di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Jalan Dermaga Raya, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa, 14 Mei.

Pelaku dipergoki dan ditangkap karena gerak geriknya telah diintai oleh warga dan petugas keamanan gerai ATM tersebut.

Menurut informasi yang dihimpun, pelaku bukan satu kali melakukan aksi pembobolan namun sudah lebih dari 3 kali sejak beberapa waktu kemarin. Namun karena gerak-geriknya mulai mencurigakan, pelaku akhirnya berhasil ditangkap warga dan petugas keamanan saat melancarkan aksinya.

Saat ditangkap, pelaku sempat diamuk massa yang geram atas ulahnya. Namun aksi main hakim sendiri berhasil dihalau oleh Tim Buser Polsek Duren Sawit yang tiba di lokasi.

Pencuri Uang di ATM BRI Duren Sawit Diikat dan Dilakban Warga Agar Tidak Melarikan Diri/ Foto: IST

Kedua tangan dan kaki pelaku diikat warga dengan menggunakan lakban agar tidak melarikan diri. Beruntung, aparat kepolisian yang tiba di lokasi kejadian, sehingga amukan massa bisa diredam aparat dan pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Duren Sawit untuk menjalani pemeriksaan.

Petugas keamanan bank, Fauzan mengaku merasa curiga dengan gerak gerik pelaku. Apalagi, pelaku sudah beberapa kali beraksi di gerai ATM yang sama.

"Sudah tiga kali terjadi pencurian uang dengan modus ganjal mesin ATM ini selama tiga hari terakhir ini," kata Fauzan kepada wartawan, Selasa, 14 Mei.

Melihat gerak gerik pelaku yang mencurigakan, Fauzan pun langsung menghubungi warga yang resah terhadap tindakan para pelaku ganjal mesin ATM tersebut.

Warga pun langsung menggerebek pelaku saat melakukan aksinya, sehingga pelaku yang belum diketahui identitasnya itu menjadi bulan-bulanan warga. Sementara pelaku lainnya, melarikan diri setelah melihat kawanannya dihajar massa.

"Pelakunya dua orang. Satu orang pelaku yang berjaga di seberang jalan mesin ATM berhasil melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor," kata Fauzan.

Dalam aksinya, tambah dia, pelaku memasukan kartu ATM dan menahan penutup tempat uang keluar dari mesin ATM.

Seperti diketahui, kasus ganjal ATM tengah marak terjadi di wilayah Jakarta Timur. Sebelumnya, seorang pelaku pencurian modus ganjal kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BRI ditangkap warga saat melancarkan aksinya di dalam minimarket kawasan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis kemarin, 9 Mei.

Pelaku diketahui berinisial DK (30) asal Banten. Saat ditangkap, aksi pelaku diketahui oleh korbannya yang merupakan seorang wanita.

(Rizky Sulistio)