Bagikan:

JAKARTA - Dua orang spesialis pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Jalan Dermaga Raya, Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, kembali ditangkap warga, Rabu, 15 Mei, subuh.

Padahal di lokasi kejadian pernah terjadi kejadian serupa, namun komplotan pelaku spesialis bobol mesin ATM kembali beraksi lagi. Kedua pelaku berinisial AF dan AMD kembali ditangkap sekuriti yang telah memantau aksi mereka melalui rekaman kamera CCTV.

Sekuriti mengawasi ketat aktivitas pengunjung gerai ATM yang mencurigakan setelah kemarin juga menjadi sasaran aksi serupa.

Saat tertangkap basah, pelaku AF dan AMD yang tercatat sebagai warga Cikupa, Tangerang, Banten ini tak bisa mengelak karena niatnya untuk membobol mesin ATM sudah dilakukan meski baru menarik uang 50 ribu rupiah dengan cara mengganjal tempat keluarnya uang.

Modus membobol mesin atm dengan kartu atm sendiri tanpa mengurangi saldo ini dilakukan dengan mengganjal tempat keluarnya uang saat mesin berputar.

Menurut Fauzan, sekuriti gerai ATM Bank BRI, kali ini aksi pelaku terekam jelas kamera CCTV yang terpasang di dekat mesin ATM tersebut. Setelah mengetahui aksi tersebut melalui kamera CCTV, Fauzan bersama satu rekan petugas keamanan lainnya langsung menangkap basah pelaku.

“Terjadi kembali modus seperti kemarin mengambil uang tanpa kepotong saldonya dengan cara menahan pintu mesin ATM,” kata Fauzan kepada wartawan, Rabu, 15 Mei.

Setelah kejadian, Fauzan langsung melaporkannya ke pihak Polsek Duren Sawit. Tidak lebih dari 10 menit, Buser unit Polsek Duren Sawit langsung membawa para pelaku yang berjumlah dua orang tersebut.

"Cepat langsung udah dibawa sama polisi, ini lagi rawan emang situasinya di lokasi," katanya.

Sebelumnya, Tim Buser Polsek Duren Sawit telah menangkap pelaku spesialis ganjal ATM di lokasi serupa pada Selasa, 14 Mei, kemarin. Sebelum ditangkap, pelaku yang diketahui sudah beberapa kali beraksi itu sempat menjadi bulan-bulanan masa.

Bahkan kedua tangan dan kaki pelaku diikat warga dengan menggunakan lakban agar tidak melarikan diri. Sesampainya polisi tiba di lokasi kejadian, amukan masa pun diredam, dan terduga pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Duren Sawit untuk menjalani pemeriksaan.

Selain itu di wilayah Pulogadung, pelaku ganjal ATM juga diamankan warga di minimarket kawasan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung pada Kamis, 9 Mei. Pelaku berinisial DK (30) asal Banten itu hingga kini mendekam di tahanan Polsek Pulogadung.