Analis: Apple Mempercepat Pembuatan iPhone Lipat

JAKARTA – Sejak Februari lalu, terungkap bahwa Apple sedang mengembangkan perangkat lipat pertamanya. Kabarnya, Apple bukan hanya membuat perangkat lipat biasa, tetapi juga iPhone generasi baru yang bisa dilipat.

Mengutip dari 9to5mac, Analis Haitong International Securities Jeff Pu mengatakan bahwa Apple sedang mempercepat produksi dari perangkat foldable mereka. Perusahaan itu akan memulai produksi perangkat lipat berukuran 20,3 inci pada akhir tahun 2025.

Sementara itu, iPhone lipat dikabarkan akan diproduksi secara massal pada akhir tahun 2026. Belum diketahui dengan pasti apakah iPhone lipat ini akan diluncurkan berbarengan dengan jajaran iPhone lainnya yang berbentuk vertikal.

Meski belum banyak informasi dan spesifikasi dari perangkat lipat akan Apple luncurkan, Pu sudah membagikan target pasar dan ukuran layar dari perangkat tersebut. Analis itu mengatakan bahwa perangkat lipat Apple akan menjadi perangkat ultra-high end.

Artinya, perangkat lipat ini akan menjadi perangkat dengan spesifikasi terbaik dan harganya pun bisa jauh lebih mahal dari perangkat seri biasa. Sementara itu, iPhone lipat Apple kabarnya akan menggunakan dua jenis ukuran layar, yaitu 7,9 inci dan 8,3 inci.

Kabar lainnya mengatakan bahwa perangkat lipat yang berukuran 20,3 inci akan disebut sebagai MacBook lipat. Informasi ini disampaikan oleh Analis Ming-Chi Kuo beberapa waktu lalu. Ia sempat mengatakan bahwa MacBook lipat akan dirilis sekitar tahun 2027.

Jika laporan dari Pu benar, Apple mungkin memang sedang mempercepat pembuatan perangkat lipat agar produksinya bisa dilakukan sebelum tahun 2027. Namun, seluruh informasi ini belum bisa dipercaya 100 persen hingga Apple merilis pernyataan resmi.