Volkswagen Rilis Konsep ID. Code 01, SUV Listrik Otonom yang Miliki Robot Pembersih Kabin

JAKARTA - Menjelang debutnya di Beijing Auto Show, Volkswagen memperkenalkan mobil konsep ID. Code 01, sebuah SUV listrik futuristis yang siap bersaing di pasar mobil listrik China.

Mobil konsep ini tak hanya menawarkan desain yang memukau, namun juga dirancang untuk masa depan dengan teknologi berkendara otonom Level 4 (L4). Artinya, ID. Code 01 sanggup melaju secara otomatis tanpa perlu pengemudi dalam kondisi tertentu.

Kerennya lagi, mobil ini dilengkapi dengan fitur unik berupa robot pembersih kabin bernama LUPO. Ya, mirip dengan robot vacuum cleaner Xiaomi Mi Robot, namun LUPO berukuran lebih kecil dan khusus diciptakan untuk membersihkan interior mobil. Saat mode Hygiene diaktifkan, LUPO akan keluar dari tempatnya dan mulai membersihkan serta mendisinfeksi permukaan kabin dengan sinar UV.

Dilansir dari CarNewsChina, 24 April, CEO Volkswagen Thomas Schäfer menyatakan ID. Code 01 menjadi gambaran awal masa depan Volkswagen di China. Mobil ini mengusung desain baru, standar teknologi terdepan, dan pengalaman berkendara holistis yang disesuaikan khusus dengan kebutuhan dan keinginan konsumen China.

Desain ID. Code 01 kental dengan aura sporty, mengingatkan pada mobil Gran Turismo. Dan mobil ini akan menjadi bagian dari keluarga ID. Volkswagen yang rencananya akan memiliki total 16 model hingga tahun 2023.

Menariknya, platform yang digunakan untuk memproduksi ID. Code 01 akan mengalami perubahan. Saat ini, Volkswagen menggunakan platform MEB untuk mobil listrik ID. mereka. Namun, seperti diberitakan VOI sebelumnya, ke depannya mereka akan beralih ke platform baru yang dikembangkan bersama Xpeng, startup mobil listrik asal China.

Kolaborasi ini akan melahirkan mobil listrik hasil rancangan bersama Volkswagen dan Xpeng yang dijadwalkan meluncur pada tahun 2026.

Tak hanya itu, Volkswagen China Technology Company (VCTC) juga tengah mengembangkan platform khusus untuk pasar China, yakni CMP (China Main Plattform). Setidaknya empat model listrik entry-level tambahan akan dibangun menggunakan platform CMP mulai tahun 2026.

Kehadiran ID. Code 01 menjadi sinyal kuat bahwa Volkswagen siap bersaing ketat di pasar mobil listrik China yang tengah berkembang pesat. Para pecinta otomotif patut menantikan gebrakan Volkswagen selanjutnya dengan berbagai fitur canggih dan futuristis yang ditawarkan ID. Code 01.