Tucker Carlson: UFO dan Pilotnya Mungkin Bukan dari Luar Angkasa, Tapi Entitas Spiritual yang Ada di Bumi

JAKARTA - Pada podcast komedian Joe Rogan pekan lalu, mantan pembawa acara Fox News dan mantan pembawa acara MSNBC, Tucker Carlson, menyampaikan teori "supranatural" bahwa UFO dan pilotnya mungkin bukan berasal dari planet lain. Namun ia menyebut  merupakan "entitas spiritual" yang telah menghuni Bumi selama sejarah manusia.

Menurut Carlson, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa mereka berada di bawah laut dan di bawah tanah, dan telah berada di Bumi selama waktu yang lama.

Teori Carlson mengikuti tren umum di kalangan pembuat kebijakan yang penasaran dengan UFO, termasuk anggota Kongres Missouri, Eric Burlison, dan rekan Partai Republiknya, Tim Burchett, yang pada tahun terakhir membandingkan UFO dengan entitas Alkitab.

Mengutip pasal pertama dari Kitab Yehezkiel, Burchett menjelaskan bahwa terdapat bukti yang cukup jelas tentang penampakan UFO. Sementara itu, Burlison, yang telah mendapat brieffing  tentang fenomena UFO, menyebutkan bahwa penggunaan istilah "malaikat" baginya sinonim dengan makhluk ekstradimensional.

Carlson tampaknya menyetujui gagasan ini, sambil mengakui ketidakpahaman banyak pertanyaan yang belum terjawab seputar fenomena UFO atau yang lebih umum disebut Unidentified Anomalous Phenomena (UAP).

Dia menjelaskan bahwa dengan "supranatural", ia merujuk pada makhluk-makhluk tersebut yang berada "di atas alam yang dapat diamati" dan bahwa mereka "tidak berperilaku sesuai dengan hukum ilmu pengetahuan."

Spekulasi yang menghubungkan UFO dengan kunjungan keagamaan dan/atau teori tentang makhluk antar dimensi telah menjadi fitur berulang dalam wacana tentang topik ini sejak awal abad ke-20.

Bahkan Presiden AS Joe Biden menandatangani amandemen pada Desember 2022 untuk menyelidiki kasus UFO dari tahun 1945.

Jacques Vallée, mantan kontraktor kantor UFO pemerintah AS, menulis sebuah buku tentang kasus tersebut dan menggambarkan kejadian itu kepada DailyMail.com. Vallée dan rekan penulisnya mewawancarai saksi mata yang masih anak-anak pada saat kejadian itu, di pinggiran situs uji coba bom atom dekat San Antonio, New Mexico - sekitar 100 mil dari kejadian Roswell yang terkenal dua tahun kemudian.

Di tahun-tahun terkini, Vallée, sekarang menjadi venture capitalist Silicon Valley dan ilmuwan komputer, mempublikasikan sebuah studi tentang bukti fisik dari kecelakaan UFO dalam jurnal ilmiah yang ditinjau oleh rekan sejawat, Progress in Aerospace Sciences.

Namun demikian, argumen serupa yang menghubungkan UFO dengan entitas setan atau mukjizat malaikat, juga pernah dibuat dalam bentuk yang kurang ilmiah di acara TV kabel seperti 'Ancient Aliens', dan online oleh teoris konspirasi dan Kristen evangelis, antara lain.

Editor untuk Majalah Phenomena, Brian Allan,  yang mengutip salah satu laporan, berbicara dengan Pastor Anglikan Ray Boeche yang mengklaim bahwa sebagian di dalam Pentagon sangat yakin bahwa UFO adalah produk dari kekuatan setan.

“Dia percaya bahwa ada komponen setan pada fenomena UFO ini: mereka tidak sedang menyerang kita, ini adalah Alkitab,” kata Allan.