Android 15 Akan Hadir dengan Fitur Baru Device Diagnostics, untuk Memeriksa Kesehatan Penyimpanan Ponsel

JAKARTA - Android 15 kemungkinan akan dilengkapi dengan fitur baru yang cerdas untuk memeriksa kesehatan penyimpanan internal ponsel Anda, sehingga memberi peringatan saat risiko kehilangan file atau kehabisan ruang yang dapat digunakan muncul pada saat yang paling dibutuhkan.

Fitur ini dinamai Device Diagnostics, seperti yang terlihat oleh Android Authority dalam versi beta terbaru Android 15, dan memberikan pengguna dengan tampilan persentase berapa banyak penyimpanan internal yang masih dapat digunakan.

Ponsel memang memiliki ruang penyimpanan internal yang cukup besar, sebagian ruang tersebut seringkali digunakan oleh sistem operasi dan aplikasi bawaan, dan seiring waktu, penyimpanan flash universal (UFS) yang digunakan ponsel pintar, dipilih karena kecepatannya, ukurannya yang kompak, dan konsumsi daya yang rendah, dapat mengalami degradasi dari waktu ke waktu.

Hal ini terjadi pada semua jenis penyimpanan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kehilangan data atau menjadi tidak dapat dibaca sama sekali, yang berarti kehilangan apa pun yang tidak disimpan cadangannya.

Saat ini, belum ada alat untuk memeriksa status penyimpanan internal ponsel Anda, seperti halnya beberapa ponsel memiliki alat untuk menilai kesehatan baterai. Jadi, tanpa peringatan, penyimpanan Anda bisa gagal, dan Anda bisa kehilangan data berharga yang tidak tersimpan cadangannya.

Namun, Device Diagnostics bisa memberikan akses informasi kesehatan baterai dan penyimpanan dalam satu tempat, sehingga memudahkan untuk melacak komponen yang rentan terhadap degradasi dari waktu ke waktu.

Selain itu, fitur ini juga dapat mencakup kemampuan untuk menguji fungsi tampilan dan layar sentuh ponsel Anda untuk melihat apakah masih berfungsi dengan baik. Ini bisa membantu Anda memutuskan kapan untuk mentransfer file Anda ke opsi penyimpanan lain atau beralih ke perangkat yang lebih baru.

Namun, Device Diagnostics masih dalam versi beta Android 15, yang berarti tidak ada jaminan bahwa fitur ini akan dimasukkan ke dalam rilis penuh yang diprediksi akan datang antara Agustus dan Oktober, dengan kemungkinan informasi lebih lanjut akan diungkapkan dalam acara Google I/O 2024 yang akan datang pada 14 Mei.

Selain itu, jika memang menjadi bagian dari penyebaran penuh Android 15, Device Diagnostics mungkin hanya tersedia untuk perangkat Google Pixel. Hal ini karena tidak semua perangkat Android membagikan informasi yang relevan dengan sistem operasi Android. Akibatnya, mungkin tidak dapat memberikan informasi waktu penyimpanan yang tepat atau mendukungnya sama sekali.

Meskipun tidak semua telepon dapat mendukung fitur Device Diagnostics, Anda masih dapat melakukan beberapa hal untuk mencegah kehilangan file penting dan ponsel saat ini. Salah satunya adalah mencadangkan file penting Anda ke perangkat lain atau menggunakan penyimpanan cloud. Yang kedua adalah melakukan pemeliharaan kinerja pada perangkat Anda dengan menghapus dokumen dan duplikasi yang tidak perlu serta menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan atau tidak didukung.

Anda juga dapat menghapus cache dan data kebanyakan aplikasi dalam pengaturan ponsel Anda; namun, hal ini mungkin memerlukan Anda untuk masuk kembali ke aplikasi tersebut.