Catat Baik-Baik! Inilah 5 Cara Mengatasi AC Mati Hidup Sendiri

YOGYAKARTA – Salah satu masalah yang sering dijumpai dari penggunaan pendingin ruangan adalah AC mati hidup sendiri. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari tekanan freon yang kurang, kerusakan thermistor AC, hingga kondensor bermasalah. Lantas, bagaimana cara mengatasi AC mati hidup sendiri? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi AC Mati Hidup Sendiri

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, 19 April 2024, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar AC yang mati-hidup sendiri dapat kembali berfungsi dengan normal:

1. Cek pengaturan timer pada remot AC

AC mati hidup sendiri tidak selalu disebabkan oleh kerusakan komponen, melainkan bisa juga kurang teliti ketika menggunakan remot AC.

Remot AC memiliki fitur pewaktu otomatis (timer) yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol durasi penggunaan AC. Fitur timer yang tidak sengaja diaktifkan bisa membuat AC mati hidup otomatis tanpa disadari.

Oleh sebab itu, bila AC mati hidup sendiri, coba periksa pengaturan timer pada remote AC, siapa tau fitur tersebut tidak sengaja diaktifkan ketika menggunakan remot AC.

2. Amati tombol power pada unit indoor AC

Berikutnya, bila AC di rumah Anda mati hidup sendiri, coba amati tombol power pada unit indoor AC.

Perhatikan dengan seksama, jika tombol power AC menunjukkan gejala mati hidup sendiri secara acak, mungkin saja hal tersebut terjadi akibat tombol power terjepit penutup unit indoor.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda hanya perlu memperbaiki posisi penutup agar fungsi AC kembali normal.

3. Periksa komponen AC yang berisiko rusak

Bila AC mati hidup sendiri setelah dicuci, Anda perlu memeriksa komponen AC yang berhubungan dengan gangguan tersebut. Cek kondisi thermistor, modul PCB, dan kondensor secara seksama. Kerusakan sekecil apa pun harus segera diatasi dengan cara memperbaiki atau mengganti komponen bermasalah agar AC kembali normal.

4. Cek tekanan freon

Freon dapat diibaratka sebagai nyawa pada AC. Tekenan freon yang rendah bisa menyebabkan AC mati hidup sendiri. Oleh sebab itu, Anda perlu memeriksa tekanan freon ketika masalah tersebut terjadi pada AC.

Usahan untuk segera mengisi freon bola tekanannya mulai berkurang. Tekanan freon yang sesuai standar akan membuat AC dingin maksimal dan menghindarkan Anda dari kendala mati hidup sendiri.

5. Bersihkan AC secara rutin

Kerusakan AC yang tergolong agak parah ternyata bisa disebabkan oleh hal kecil, seperti AC jarang dibersihkan. Debu atau kotoran yang menumpuk pada kondensor dan komponen AC lainnya membuat risiko kerusakan semakin besar.

Oleh sebab itu, Anda perlu membersihkan AC secara berkala. Idealnya, AC dicuci setiap tiga bulan sekali sehingga kebersihan setiap komponennya terjaga dengan baik.

Selain proses cuci seperti biasa, Anda perlu melakukan cuci besar satu kali dalam setahun. Berbeda dengan proses cuci biasa, cuci besar dilakukan secara lebih teliti, sebab unit indoor ikut dibongkar pasang agar kotoran yang menempel pada komponen AC bisa dibersihkan lebih sempurna.

Membersihkan AC secara rutin juga bisa menghindarkan Anda dari kendala AC mati hidup sendiri.

Demikian informasi tentang cara mengatasi AC mati hidup sendiri. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.