Google Wallet Akan Diluncurkan di India

JAKARTA – Google Wallet merupakan dompet digital yang menggantikan Google Pay. Meski penggunanya diklaim lima kali lebih banyak dibandingkan dengan Google Pay, aplikasinya hanya tersedia di Amerika Serikat.

Setelah dua tahun diluncurkan, Google berencana melakukan ekspansi ke negara baru. Secara tidak sengaja, Google mengungkapkan bahwa Wallet akan tersedia di India. Pratinjau dari aplikasi ini terlihat di Play Store khusus negara tersebut.

Sebelum pratinjau dihapus, TechCrunch berhasil melihat daftar aplikasi dan rincian dari Google Wallet yang akan dirilis. Aplikasi tersebut akan memuat kartu loyalitas dan terintegrasi dengan layanan lokal seperti State Bank of India dan Air India Express.

Ketika dimintai keterangan mengenai peluncuran Google Wallet, perusahaan itu menolak untuk berkomentar. Google mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk menghadirkan dompet digital yang nyaman digunakan bagi masyarakat India.

"Meskipun saat ini kami tidak memiliki sesuatu yang baru untuk dibagikan, kami selalu berupaya untuk menghadirkan lebih banyak kenyamanan dalam pengalaman digital masyarakat di India," kata juru bicara Google kepada TechCrunch.

Google Wallet belum diluncurkan secara resmi, tetapi beberapa pengguna bisa mengunduh aplikasinya selama beberapa waktu. Namun, aplikasinya hanya bisa digunakan untuk mendaftarkan kartu debit atau kredit untuk pembayaran nirsentuh.

Meski Wallet akan diluncurkan di India, aplikasi dompet digital Pay akan tetap tersedia dan berfungsi seperti biasa. Belum bisa diperkirakan apakah Wallet akan menarik lebih banyak pengguna karena Pay merupakan aplikasi pembayaran terbesar kedua di India.