Sutradara Dokumenter dan Istri Francis Ford, Eleanor Coppola Meninggal Dunia

JAKARTA - Kabar duka datang dari keluarga Coppola. Eleanor Coppola, sutradara sekaligus istri dari sutradara Francis Ford Coppola meninggal dunia pada Jumat, 12 April.

Kabar duka ini dikonfirmasi oleh keluarga Coppola. Eleanor meninggal di kediamannya di Rutherford, Calif pada usia 87 tahun.

Belum diketahui penyebab meninggalnya Eleanor Coppola, begitu juga jadwal rencana pemakamannya dengan keluarga.

Eleanor Coppola dikenal sebagai partner dari Francis Ford Coppola yang lebih dahulu mendalami industri penyutradaraan. Pengalamannya sebagai sutradara pertama kali dilakukan ketika Eleanor ikut menyutradarai film Apocalypse Now.

Produksi yang berjalan selama lima bulan itu mengalami berbagai konflik lantaran peran aktor yang digantikan.

Footage Eleanor mengambil adegan itu menjadi bagian dari dokumenter Hearts of Darkness: A Filmmaker’s Apocalypse yang dirilis 12 tahun setelah film Apocalypse Now. Dokumenter itu tayang di teater dan memperoleh 8 nominasi oscar.

“Awal dari ide film bagi saya tentu saja mendokumentasikan ‘Apocalypse Now. Saya tidak tahu. Saya pernah membuat beberapa film seni kecil-kecilan di awal tahun 70an, namun ketika saya mendapatkan kamera ini di Filipina, saya terpesona dan melihatnya,” kata Eleanor Coppola melansir Variety.

“Saya sangat menanggapi hal itu, jadi saya membuat film dokumenter yang berbeda, karena saya selalu suka memotret,” katanya.

Eleanor Coppola lalu menyutradarai film naratif pertamanya, Paris Can Wait pada tahun 2016 dan Love is Love is Love pada tahun 2020.

Lahir pada 4 Mei 1936, Eleanor lahir dengan nama Eleanor Jessie Neil dan berkuliah di UCLA. Ia bertemu Francis Ford ketika bekerja sebagai asisten Roger Corman untuk Dementia 13 yang menandai debut penyutradaraan Francis Ford.

Eleanor dan Francis Ford menikah pada tahun 1963. Ia bertumbuh sebagai sutradara untuk beberapa dokumenter dan sinematografer.

Eleanor Coppola meninggal pada usia 87 tahun dan meninggalkan sang suami serta kedua anak dan tiga cucu. Anak pertamanya, Gian-Carlo, meninggal pada tahun 1986 setelah mengalami cedera di sepeda cepat.