Begini Cara Mendengarkan Lagu dari Playlist Spotify yang Unik

 

JAKARTA – Spotify, platform streaming musik terpopuler, memiliki fitur playlist yang sering diandalkan oleh penggunanya. Fitur ini bisa mengelompokkan lagu favorit berdasarkan preferensi atau suasana hati.

Pengguna Spotify bisa mengakses dua jenis playlist, yaitu playlist yang dibuat secara mandiri atau playlist yang dihadirkan oleh Spotify seperti Wrapped yang diadakan setiap tahun. Spotify juga membuat playlist berdasarkan genre, aktivitas, dan lainnya.

Tidak diketahui berapa jumlah playlist yang ada di Spotify, tetapi pilihannya sangat beragam. Bahkan, Anda bisa menemukan berbagai playlist dengan cara yang unik. Jika Anda ingin menemukan playlist dengan cara yang berbeda, coba lakukan cara berikut ini.

Pertama, mengutip dari Makeuseof, pengguna bisa mengakses fitur Niche Mixes. Fitur ini menampilkan berbagai macam playlist yang dikelompokkan dan dipersonalisasi berdasarkan aktivitas, vibe, mood, atau estetika para penggunanya.

Untuk mengakses fitur ini, Anda bisa mencari Made For You di kotak pencarian atau mencari berbagai aktivitas, suasana, atau perasaan apa pun dengan tambahan kata mix. Misalnya, Angry Mix, Weirdcore Mix, Breakdown Mix, dan masih banyak lagi.

Berikutnya, Anda bisa mencari playlist dengan cara mempersempit hasil penelusuran di kotak pencarian. Anda hanya perlu memasukkan tahun, genre, label, dan tag yang diinginkan, kemudian mempersempit hasil penelusuran ke bagian lagu.

Saat Spotify memperlihatkan deretan lagu yang sesuai dengan hasil pencarian Anda, lagu-lagu tersebut bisa ditambahkan ke dalam playlist baru atau yang sudah ada. Anda bisa mendengarkan lagunya kapan pun Anda mau.

Cara terakhir yang sangat aneh untuk mencari playlist adalah dengan menggabungkan satu hingga empat kata random. Cara ini jauh lebih menarik karena Anda bisa memasukkan kata apa pun secara acak dan Spotify akan tetap menampilkan playlist yang sesuai.

Misalnya, Anda bisa mencari makan dinosaurus pendek, sepatu sekolah tinggi, atau gabungan kata apa pun. Jika playlist yang ditampilkan tidak sesuai dengan selera Anda, coba gunakan gabungan kata lainnya yang mungkin menghasilkan playlist menarik.