Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 N Menangkan Penghargaan 2024 World Performance Car

JAKARTA - Usai debut global Juli tahun lalu, Hyundai Ioniq 5 N mendapat respons positif sebagai kendaraan listrik (EV) yang tidak hanya ramah lingkungan melainkan juga mengusung performa tinggi menawarkan keasyikan berkendara.

Baru-baru ini, crossover dengan desain agresif ini memenangkan penghargaan 2024 World Car Awards dalam kategori World Performance Car. Kemenangan ini sekaligus mengukuhkan posisi terdepan mobil listrik berperforma tinggi mengalahkan finalis lainnya dari dua model BMW, yakni M2 dan XM dalam kategori ini.

Sebelumnya, Hyundai telah meraih kesuksesan di World Car Awards dengan dua modelnya, yaitu Hyundai IONIQ 5 dan IONIQ 6 yang menjadi pemenang tiga kali berturut-turut pada World Car of the Year 2022 dan 2023, World Electric Vehicle, dan World Car Design of the Year.

Dari segi penampilan, Ioniq 5 N diketahui memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan versi standarnya. Divisi N menambahkan beberapa elemen untuk meningkatkan kesan sporty pada model ini, seperti trim hitam dan sayap belakang yang dirancang untuk meningkatkan aerodinamika kendaraan.

Selain itu, Divisi N melakukan revisi pada beberapa bagian untuk memastikan mobil ini dapat melaju dengan performa maksimal, termasuk pengaturan suspensi, komponen aerodinamis, dan peningkatan pada sistem regeneratif pengereman untuk mengurangi bobotnya.

Salah satu hal menarik tentu adalah performa, dengan crossover ini dibekali dengan motor listrik ganda menghasilkan tenaga sebesar 600 dk dan torsi sebesar 748 Nm. Bahkan, dengan fitur N Grin Boost, angka tersebut dapat meningkat menjadi 641 dk dan torsi 770 Nm.

Dengan daya tersebut, Ioniq 5 N dapat mencapai kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu sekitar 3,5 detik, dengan kecepatan maksimum mencapai 260 km/jam.

Pabrikan juga menyematkan paket baterai terbaru dengan kapasitas 84 kWh, yang merupakan yang tertinggi di antara semua mobil listrik Hyundai. Dengan fitur pengisian daya ultra-fast charging, Ioniq 5 N dapat mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 18 menit.

EV ini dikembangkan khusus oleh divisi performa tinggi Hyundai, N. Pabrikan juga menegaskan bahwa model ini adalah langkah awal mereka dalam merencanakan elektrifikasi dan berharap untuk menghadirkan lebih banyak mobil EV yang dikembangkan oleh divisi tersebut.