Jelang Peluncuran Esok Hari, Spesifikasi Rivian R2 Bocor Miliki Jarak Tempuh hingga 531 Km

JAKARTA - Produsen mobil Rivian akan segera meluncurkan SUV listrik yang lebih kecil yaitu R2. Namun sebelum peluncuran resmi, spesifikasi mobil tersebut telah bocor. 

Mengutip dari laman ArenaEV, Rabu, 6 Maret, spesifikasi Rivian R2 hal tersebut diungkapkan via media sosial Twitter oleh Chris Hilbert, pada cuitan yang dibagikannya terpampang jelas beberapa spesifikasinya. 

Jika hal ini benar, Rivian akan segera menjadi penantang serius di segmen kendaraan listrik yang sangat kompetitif. Lantas apa saja hal menarik yang diungkapkan? 

Tentunya soal harga, mobil satu ini dijabarkan akan dibanderol sekitar 43.800 euro atau kisaran Rp748 jutaan. Angka tersebut merupakan perubahan yang jauh lebih murah daripada model Rivian R1 yang ada, menjadikannya lebih bersaing dengan Tesla Model Y yang sangat populer. 

Selain harga, hal menarik lainya yaitu soal jarak tempuh. Diklaim Rivian R2 dapat menempuh jarak 531 km dengan sekali pengisian daya, dengan angka tersebut tentu menjadi hal yang menarik ditunggu. 

Tak hanya soal harga dan jarak tempuh, akselerasi juga menjadi hal yang diperhatikan diprediksi dapat berakselerasi dari 0 hingga 97 km/jam dalam waktu tiga detik saja. Tidak terlalu menggemparkan jika dibandingkan dengan beberapa EV, namun mampu memuaskan mereka yang menginginkan pengalaman berkendara tanpa rasa bersalah dan juga sedikit menggetarkan.

Sementara itu di dalam kabin, Rivian R2 dikabarkan hadir dengan dimensi yang tak jauh berbeda dengan Model Y dan Ford Mustang Mach-E . Sesuai dengan reputasi Rivian, SUV ini tampaknya siap untuk bersenang-senang di medan offroad dengan kemungkinan ground clearance hingga 249 mm . 

Jika dilihat produk Rivian sebelumnya Truk R1T dan SUV R1S memang luar biasa, tetapi harganya yang premium membatasi daya tariknya. R2 yang lebih mudah dijangkau namun mumpuni akan membuka merek tersebut ke khalayak yang lebih luas.

Masih belum banyak informasi yang diungkap tapi patut ditunggu peluncuran resminya pada 7 Maret esok.