Bagikan:

JAKARTA- Rivian baru saja meluncurkan platform baru untuk mendukung lini produk SUV R2 dan R3 di California. Platform tersebut dikembangkan untuk memberikan kinerja, jangkauan, dan efisiensi luar biasa.

Berdasarkan keterangan resminya dikutip Sabtu, 9 Maret 2024, banyak keunggulan yang ditawarkan dari platform baru tersebut. Salah satunya menghilangkan beberapa bagian (platform) berkat desain cerdas yang dihadirkan, termasuk penggunaan die casting bertekanan tinggi.

Tak hanya itu, platform baru ini juga membuat unit baterai struktural yang dikemas memiliki banyak manfaat, seperti berfungsi sebagai lantai untuk mengurangi kompleksitas sebuah kendaraan.

"Saya sangat bersemangat untuk meluncurkan produk baru. R2 dan R3 merupakan ciri khas Rivian dalam hal kinerja, kemampuan, dan kegunaan dengan harga yang membuatnya dapat diakses oleh banyak orang," kata Pendiri dan CEO Rivian, RJ Scaringe.

Model R2 merupakan SUV menengah yang menghadirkan kombinasi sempurna. Desain yang dihadirkan sangat khas kendaraan Rivian.

Sementara itu, interiornya dirancang untuk kemudahan penggunaan, sekaligus menjadi Rivian unik melalui kombinasi desain menarik dan bahan premium ramah lingkungan yang mudah dibersihkan.

Model satu ini sudah tersedia dan bisa dipesan untuk pasar Amerika Serikat. Jika ingin reservasi, harus merogoh kocek 100 dolar AS, dengan harga kisaran 45.000 dolar AS atau sekitar Rp669 jutaan. Pengiriman akan dimulai pada paruh pertama tahun 2026.

Kemudian, R3 merupakan crossover menengah yang dimensinya rapi, tapi memberikan performa besar, kemampuan off-road, kenyamanan penumpang, dan penyimpanan. Desain eksterior dan interior R3 menarik dan ikonik serta mudah dikenali.

Kedua model di atas akan menampilkan dua ukuran baterai. Paket yang lebih besar akan mencapai jangkauan lebih dari 300 mil atau 482 km dengan sekali pengisian daya. Selain itu, akselerasi 0-100 km/jam mencapai waktu kurang dari tiga detik untuk versi paling tinggi.

Dapat Sambutan Hangat

Setelah meluncur dan dapat dipesan, SUV R2 mendapat sambutan hangat. Hal tersebut diungkapkan oleh CEO Rivian, RJ Scaringe, dalam sebuah cuitan di laman media sosial.

Ia mengungkapkan bahwa lebih dari 68.000 reservasi untuk R2 telah diterima Rivian dalam waktu kurang dari 24 jam sejak peluncurannya.

"Kami sangat senang melihat kendaraan ini bergema kuat dengan komunitas kami," tulisnya di laman Twitter.