Google Cloud Kecam Praktik Komputasi Awan Microsoft

JAKARTA - Google Cloud pada Senin 26 Februari meningkatkan kritiknya terhadap praktik komputasi awan Microsoft. Mereka mengatakan bahwa saingannya tersebut tengah mencari monopoli yang akan merugikan perkembangan teknologi yang sedang berkembang seperti kecerdasan buatan generatif.

Microsoft dan Amazon baru-baru ini menarik perhatian di Britania Raya, Uni Eropa, dan Amerika Serikat atas kekuatan pasar mereka dalam komputasi awan. Google tertinggal jauh di belakang kedua pemimpin tersebut. Kolaborasi Microsoft dengan pencipta ChatGPT, OpenAI, juga meningkatkan kekhawatiran.

"Kami khawatir tentang Microsoft ingin menunjukkan praktik mereka selama satu dekade di mana mereka memiliki banyak monopoli pada perangkat lunak di lokasi sebelumnya dan sekarang mereka mencoba mendorongnya ke awan sekarang," kata Wakil Presiden Google Cloud, Amit Zavery dalam sebuah wawancara.

"Jadi mereka menciptakan taman tembok ini, yang sepenuhnya dikontrol dan dimiliki oleh Microsoft, dan pelanggan yang ingin melakukan hal-hal ini, Anda harus pergi ke Microsoft saja," katanya.

"Jika awan Microsoft tidak tetap terbuka, kami akan mengalami masalah dan masalah jangka panjang, bahkan dalam teknologi generasi berikutnya seperti AI juga, karena Microsoft memaksa pelanggan untuk pergi ke Azure dalam banyak hal," kata Zavery, merujuk pada platform komputasi awan Microsoft.

Dia mendorong regulator antitrust untuk bertindak. "Saya pikir regulator perlu memberikan beberapa panduan serta mungkin regulasi yang mencegah cara Microsoft membangun bisnis awan Azure, tidak membiarkan monopoli on-premise Anda membawanya ke monopoli awan," kata Zavery.

Sementara Microsoft menolak argumen tersebut. 

"Seperti yang menunjukkan data independen terbaru, persaingan antara penyedia awan hyperscaler tetap sehat," kata juru bicara Microsoft. "Pada tahun 2023, Microsoft dan Google mengalami peningkatan kecil atas AWS, yang tetap menjadi pemimpin pasar global dengan selisih yang signifikan."

Presiden Microsoft, Brad Smith, pada Senin mengkritik Google secara tersirat. "Hari ini, hanya satu perusahaan yang terintegrasi secara vertikal dengan mencakup setiap lapisan AI dari chip hingga toko aplikasi seluler yang berkembang," katanya di Mobile World Congress di Barcelona.

Zavery juga mengkritik perjanjian Microsoft dengan vendor cloud individual, mengatakan bahwa ini mengabaikan masalah yang lebih luas. Kelompok perdagangan CISPE bulan lalu mengatakan sedang dalam pembicaraan dengan Microsoft untuk menyelesaikan keluhan antitrust UE tentang praktik lisensi komputasi awan mereka.

"Microsoft sangat cerdas, memilih vendor individu yang mengeluh dan melakukan kesepakatan satu arah tetapi mereka tidak memecahkan masalah yang lebih luas. Jadi mereka dapat memilih pemenang dan pecundang dalam banyak kasus juga, jadi mereka memilih dengan siapa mereka ingin bersaing," kata Zavery.

Microsoft menolak kritik tersebut. "Kami telah mendengarkan dan bekerja secara konstruktif dan langsung dengan penyedia awan independen untuk mengubah syarat lisensi kami, mengatasi kekhawatiran mereka, dan memberikan lebih banyak kesempatan bagi mereka. Di seluruh dunia, lebih dari 100 penyedia awan sudah memanfaatkan perubahan ini," kata juru bicara Microsoft.