PSG Jadi Validator Blockchain Chiliz, Beli Kembali Token Fans dan Bangun Ekosistem Web3

JAKARTA – Klub sepak bola Prancis, Paris Saint-Germain (PSG), semakin dalam terjun ke dunia Web3 dan SportFi dengan menjadi validator untuk blockchain token fans Chiliz.

Kepala Web3 PSG, Pär Helgosson, dan pendiri Chiliz, Alexandre Dreyfus, tengah membahas kemitraan yang berkembang antara klub sepak bola dan platform blockchain tersebut.

PSG menjadi klub sepak bola besar pertama yang menjadi validator protokol blockchain dan akan menggunakan pendapatan yang dihasilkan sebagai validator untuk membeli kembali token PSG. Langkah ini disebut-sebut sebagai cara untuk menciptakan ekonomi digital yang mandiri bagi klub dan basis penggemarnya.

Chiliz Chain adalah infrastruktur yang mendukung Socios, platform yang menerbitkan dan mengelola token fans untuk lebih dari 150 klub sepak bola profesional dan tim olahraga. PSG adalah salah satu pengadopsi awal teknologi ini dan meluncurkan token fan-nya di Chiliz pada September 2018.

Klub berniat untuk mengeksplorasi peluang di ruang cryptocurrency, Web3, dan SportFi yang lebih luas, di mana Helgosson sebagai ujung tombak upaya tersebut.

Pembelian Kembali Token PSG Otomatis

Helgosson mengatakan kepada Cointelegraph bahwa PSG akan menggunakan pendapatan yang diperoleh sebagai validator node untuk melakukan pembelian kembali token fans PSG dari pasar publik. Pembelian kembali akan otomatis dieksekusi melalui kontrak pintar melalui validatornya dan di bursa terdesentralisasi pada Chiliz Chain.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dari validator klub melalui biaya gas dan inflasi pasokan yang diinvestasikan kembali ke token PSG. Klub tertarik untuk memperbarui cadangan tokennya untuk menciptakan ekonomi mandiri.

"Kami ingin membangun model tokenomics berkelanjutan bersama-sama di mana klub, karena peran kami sebagai validator node, dapat menggunakan keuntungan untuk membeli kembali token fans dan menggunakannya untuk diinvestasikan kembali ke ekosistem penggemar," kata Helgosson.

Hackathon Blockchain dan Manfaat Lainnya

PSG dan Chiliz juga merencanakan hackathon blockchain yang diselenggarakan di stadion ikonik Parc des Princes pada musim panas. Acara ini bertujuan untuk menarik pengembang untuk membangun aplikasi dan produk terdesentralisasi yang menggabungkan token PSG di Chiliz Chain.

PSG Sebagai Katalis untuk Klub Lain

Dreyfus mengatakan kepada Cointelegraph bahwa langkah PSG untuk menjadi validator bisa menjadi katalis bagi klub lain untuk mengikuti dan lebih memahami cara kerja tokenomics ekosistem.

"PSG akan memainkan peran aktif dalam operasi ekosistem Chiliz, artinya mereka akan membantu membangun kepercayaan dan menarik lebih banyak merek dan pengembang, juga dengan co-hosting hackathon bersama kami di stadion mereka," jelas Dreyfus.

Investasi PSG di Web3

Helgosson mengungkapkan bahwa PSG secara ambisius mengeksplorasi berbagai cara untuk mendiversifikasi pendapatan dan penawaran dalam ekosistem cryptocurrency dan blockchain.

Investasi klub untuk menjadi operator infrastruktur Chiliz blockchain menandai dimulainya langkah aktif mereka untuk berpartisipasi dalam ekosistem Web3. PSG telah menjajaki dan meluncurkan beberapa koleksi token non-fungible (NFT), beberapa di antaranya menawarkan hadiah eksklusif kepada pemegang.