Chiliz Luncurkan Ekosistem SportFi, Kolaborasi Blockchain dan Olahraga
Chiliz, platform yang menyatukan blockchain dengan industri olah raga. (Foto; Dok. Btcc)

Bagikan:

JAKARTA - Chiliz, jaringan blockchain olahraga terkemuka, mengumumkan peluncuran lebih dari 25 proyek baru di dalam ekosistem SportFi-nya pada Kamis, 2 November. Ekosistem SportFi adalah platform yang menghubungkan dunia olahraga dengan teknologi web3, memberikan produk dan pengalaman baru kepada para penggemar olahraga.

SportFi adalah konsep yang menggabungkan olahraga dan desentralisasi, menciptakan aset digital berharga dari olahraga, dan meningkatkan keterlibatan dan loyalitas penggemar melalui blockchain. Dengan SportFi, entitas olahraga dapat memanfaatkan properti intelektual mereka dengan cara yang lebih inovatif, seperti menjual tiket, merchandise, dan hak suara dengan cara yang lebih transparan dan aman.

Chiliz adalah salah satu pelopor SportFi, dengan menciptakan Chiliz Chain, blockchain yang didedikasikan untuk olahraga. Chiliz Chain menampung berbagai proyek SportFi, seperti Fan Token, Infrastructure Token, Marketplace, Fan Apps, DeFi, dompet keamanan, validator, dan lainnya.

Sebagai informasi tambahan, Fan Token adalah token yang mewakili klub olahraga favorit penggemar, memberikan hak suara, akses eksklusif, dan hadiah menarik. Fan Tokens telah diterbitkan oleh lebih dari 80 klub olahraga terkemuka, seperti FC Barcelona, Paris Saint-Germain, Manchester City, Juventus, S.S.C Napoli, Inter Milan, AC Milan, Arsenal, Atlético Madrid, dan A.S. Roma.

Fan Token dapat diperdagangkan di berbagai bursa kripto, baik di dalam maupun di luar Chiliz Chain. Beberapa marketplace yang telah bekerja sama dengan Chiliz adalah Binance, OKX, Bitget, Paribu, ChilizX, dan lainnya.

Selain itu, Chiliz juga memiliki aplikasi komunitas seperti Socios.com, yang merupakan platform utama untuk membeli dan menggunakan Fan Tokens. Chiliz juga menyediakan solusi penyimpanan aman seperti BitGet Wallet, Magic Link, dan Fireblocks, serta solusi peminjaman DeFi dan DEX yang akan datang seperti Lenx dan PepperSwap.

Chiliz Chain baru-baru ini beralih ke kerangka kerja tanpa izin, yang berarti siapa pun dapat memulai proyek, kontrak pintar (smart contract), dan token di dalamnya tanpa harus mendapatkan persetujuan dari otoritas pusat.

Hal ini memberikan kesempatan bagi pengembang dan perusahaan untuk menjelajahi aplikasi SportFi yang berani dan kreatif. Chiliz Chain juga memiliki validator yang bertanggung jawab untuk mengamankan dan memvalidasi transaksi di dalamnya. Beberapa validator yang telah bergabung dengan Chiliz Chain adalah Binance, OKX, Bitget, Paribu, dan lainnya.

Belakangan, SportFi merupakan ekosistem yang kian berkembang, memberikan dimensi baru dalam cara penggemar berinteraksi dengan olahraga. Chiliz berkomitmen untuk memperluas ekosistem SportFi dengan menambahkan lebih banyak mitra, proyek, dan produk di masa depan.

Terkait