NVIDIA Luncurkan Chat with RTX, Chatbot yang Berjalan Lokal di PC Anda

JAKARTA - Saat ini, chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, karena kemampuannya untuk melakukan atau menjawab beberapa hal dengan tepat dan cepat. 

Beberapa raksasa teknologi bahkan telah meluncurkan chatbot nya sendiri, seperti Google, OpenAI, Microsoft, bahkan Meta. Sekarang, giliran NVIDIA yang memperkenalkan Chat with RTX. 

Chat with RTX merupakan inovasi chatbot yang didukung oleh NVIDIA RTX untuk AI generatif lokal, cepat, dan terkustomisasi. Aplikasi demo ini akan memungkinkan Anda menjalankan chatbot AI pribadi di PC Anda. 

Jadi, Anda dapat menghubungkan file lokal di PC Anda sebagai kumpulan data ke model bahasa sumber terbuka yang besar seperti Llama 2, dan kemudian Chat with RTX akan bisa memberikan jawaban yang cepat dan relevan sesuai dengan pertanyaan Anda. 

Contohnya, jika Anda memberinya sebuah video YouTube dan dokumen milik Anda sendiri, Chat with RTX dapat membuat ringkasan atau menjawab pertanyaan yang relevan berdasarkan data tersebut.

Alat ini mendukung berbagai format file, termasuk .txt, .pdf, .doc/.docx, dan .xml. Arahkan aplikasi ke folder yang berisi file-file ini, dan alat tersebut akan memuatnya ke perpustakaannya hanya dalam hitungan detik.

“Chat with RTX memungkinkan pengguna mengintegrasikan pengetahuan ini ke dalam chatbot mereka untuk pertanyaan kontekstual. Misalnya, mintalah rekomendasi perjalanan berdasarkan konten dari video influencer favorit, atau dapatkan tutorial singkat dan cara berdasarkan sumber daya pendidikan terbaik,” tulis NVIDIA dalam pengumumannya, dikutip Kamis, 15 Februari. 

Kelemahan besar Chat with RTX adalah ini masih demo pengembang awal. Bahkan, beberapa orang mengaku gagal untuk menginstal aplikasi ini. 

Selain GPU GeForce RTX 30 Series atau lebih tinggi dengan VRAM minimal 8 GB, Chat dengan RTX memerlukan Windows 10 atau 11, dan driver GPU NVIDIA terbaru.