Bagikan:

JAKARTA - Pada Senin, 12 Februari, Nvidia sempat melampaui Amazon.com Inc dalam kapitalisasi pasar, karena euforia di sekitar kecerdasan buatan mendorong produsen chip ini menjadi perusahaan AS terbesar keempat.

Pada rekor tertinggi 734.96 dolar AS, Nvidia bernilai 1.82 triliun dolar AS dalam nilai pasar, dibandingkan dengan 1.81 triliun dolar AS  untuk raksasa ritel Amazon.com dan beberapa miliar dari nilai Alphabet, pemilik Google, sebesar 1.87 triliun dolar AS, menurut data LSEG.

Terakhir kali Nvidia lebih bernilai dari Amazon adalah pada tahun 2002, ketika keduanya masing-masing bernilai di bawah 6 miliar dolar AS.

Setelah penjualan kuartal liburan Amazon yang lebih tinggi dari yang diharapkan bulan lalu, investor menantikan hasil kuartalan Nvidia pada 21 Februari, yang merupakan satu-satunya perusahaan megakap yang melaporkan hasil keuangan musim ini.

Harapan tinggi mengiringi laporan tersebut dengan saham yang naik 47% sepanjang tahun ini, menjadikannya pemenang terbesar di antara komponen S&P 500.

Hasil kuartalan yang luar biasa dan proyeksi kuat dari Nvidia setahun yang lalu menegaskan bahwa perusahaan desain chip ini berada di posisi unggul dalam menyuplai kepada perusahaan teknologi yang bekerja pada AI generatif seperti chatbot dan pembuatan gambar.

Taruhan pada permintaan AI yang kuat telah menggebu-gebu saham Nvidia, menjadikannya saham dengan performa terbaik di antara yang disebut "Magnificent Seven" dengan lonjakan 223% selama 12 bulan terakhir. Meta Platforms berada di urutan kedua dengan kenaikan 163%.

Microsoft pada bulan Januari melampaui Apple  untuk menjadi perusahaan terbesar di dunia, dengan Alphabet berada di posisi ketiga.