Cara Memeriksa Aplikasi yang Menyedot Banyak Kuota di iPhone

 JAKARTA – Pengguna ponsel pintar, tak terkecuali iPhone, seharusnya rutin mengamati penggunaan paket data atau kuota. Jika hal ini dilakukan secara rutin, pengguna akan mendapatkan beberapa manfaat.

Dengan memperhatikan penggunaan paket data secara rutin, Anda bisa mengontrol penggunaan kuota. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui aplikasi apa saja yang menghabiskan lebih banyak kuota karena unduhan otomatis ataupun sistem.

Untuk mengetahui besaran data yang sudah dihabiskan oleh masing-masing aplikasi di iPhone, mengutip dari The Verge, Anda hanya perlu membuka Pengaturan. Setelah itu, gulir layar untuk mencari menu Seluler, kemudian ketuk menunya.

Saat halaman Seluler terbuka, Anda akan melihat deretan aplikasi dengan jumlah data yang terlihat di bawah nama aplikasinya. Jika Anda ingin aplikasi itu berhenti menghabiskan kuota, Anda hanya perlu menekan toggle button di samping aplikasinya.

Sementara itu, untuk melihat penggunaan data di sistem iOS, ketuk Layanan Sistem di bagian atas layar. Setelah diklik, Anda akan melihat sistem iOS yang diurutkan berdasarkan data yang dihabiskan, mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil.

Selain menghentikan penggunaan data secara langsung dari aplikasi, Anda bisa membatasi penggunaan data yang berlebihan melalui perubahan mode data. Buka halaman Seluler, lalu klik Opsi Data Seluler Rendah dan ganti menjadi Mode Data Rendah.

Ini merupakan salah satu alternatif untuk menghentikan pembaruan otomatis dan tugas aplikasi di latar belakang yang tidak diinginkan. Namun, jika Anda beralih menggunakan Wi-Fi, seluruh aplikasi akan menghabiskan data seperti pengaturan awal.

Ket. foto: