Mengenal Heyoka, Jenis Empati Paling Kuat yang Dimiliki Orang dengan 8 Tanda Ini

YOGYAKARTA – Heyoka adalah kata Lakota, penduduk asli Amerika yang berasal dari Great Plains. Heyoka diucapkan “hey-oh-kah” yang berarti bodoh atau badut suci karena kemampuan humornya menyembuhkan.

Heyoka juga jenis empati yang paling kuat dan membuka pikiran orang terhadap perspektif baru dengan mengolok-olok situasi tertentu. Bukan mengecilkan tetapi membuka kemungkinan seseorang melihat diri mereka sendiri dengan cara berbeda dan memulihkan rasa sakit alih-alih terjebak dalam sudut pandang beracun. Jadi kalau Anda memiliki sifat humoris tetapi tetap memegang empati dalam “mengolok” atau “mengejek” membuka kesempatan membangun perspektif baru. Nah, orang-orang yang memiliki empati tinggi atau heyoka, memiliki tanda-tanda berikut ini.

1. Memiliki pemikiran yang berbeda

Seperti halnya orang kidal, tangan kiri mereka lebih dominan daripada kanan.  Orang yang memiliki empati tinggi memiliki pemikiran berbeda, khususnya jenis empati heyoka. Mereka memiliki cerminan emosional untuk menyadarkan diri sendiri atau orang lain tentang bagaimana cara tepat dalam bertindak. Misalnya dengan menertawakan situasi yang menekan untuk meningkatkan motivasi menyelesaikan tugas.

Ilustrasi jenis empati paling kuat atau heyoka dan tandanya (Freepik)

2. Lebih suka menyendiri meski memiliki keterampilan sosial yang baik

Orang yang memiliki empati tinggi, lebih bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain. Terkadang, ini membuatnya sulit mengatur perasaan mereka sebenarnya. Oleh karena itu, tanda orang memiliki empati heyoka, mereka menyukai kesendirian meskipun bakat bawaan mereka terletak pada kemampuan bersosialisasi.

Para Heyoka, khususnya, sering kali dianggap tidak masuk akal dan bisa jadi tidak menyenangkan berada di sekitar banyak orang sehingga lebih nyaman sendiri atau meluangkan waktu sendirian untuk lebih damai dan selaras dengan perasaannya sendiri.

3. Jujur

Kejujuran mungkin membuat orang tidak nyaman. Namun kejujuran adalah kebijaksanaan terbaik. Mereka yang memiliki empati heyoka, ingin orang-orang dapat pulih dari tekanan emosional yang menghambat pertumbuhan diri. Dengan humor salah satunya, yang memberikan perspektif terhadap perasaan negatif atau pemikiran yang menunjang pertumbuhan diri.

Ilustrasi jenis empati paling kuat atau heyoka dan tandanya (Freepik/benzoix)

4. Kreatif

Kreativitas tidak hanya mendorong seseorang untuk selalu beradaptasi dan berevolusi. Tetapi juga menciptakan peluang, romansa, dan keindahan. Seseorang yang berempati heyoka, memiliki imajinasi tak terbatas disertai keberanian, ini membuka banyak pengalaman unik.

5. Peduli

Kemampuan empati seorang heyoka, membuat mereka menjadi orang yang sangat perhatian. Meski ditampilkan dengan cara yang variatif, perhatian pada orang di sekitarnya diekspresikan lewat cara yang kreatif dan berdasarkan intuisi emosional mereka.

6. Berpikiran terbuka

Seorang heyoka mungkin menghadapi situasi yang menantang. Di mana orang-orang sekitarnya menunjukkan beragam emosi, tetapi mereka bisa menghindari penilaian ketika membersamai orang-orang tercintanya. Artinya, mereka berpikiran terbuka, tanpa memberi penilaian dalam memperhatikan orang-orang terdekat.

7. Memiliki selera humor tinggi

Salah satu kekuatan empati seorang heyoka adalah memiliki pemahaman kuat tentang apa yang membuat seseorang bisa tertawa. Melansir YourTango, Jumat, 2 Februari, lelucon yang dilontarkan seorang heyoka, dapat menyembuhkan dan menciptakan rasa nyaman bagi orang lain.

8. Berjiwa bebas

Orang yang memiliki empati mudah menyesuaikan diri, ini karena mereka orang yang berjiwa bebas, terutama yang memiliki empati heyoka. Dengan empati yang mereka miliki, mereka cukup percaya diri memetakan jalannya sendiri dipandu pedoman batin yang mereka pegang.

Itulah tanda-tanda orang yang memiliki jenis empati tertinggi, atau disebut heyoka. Apakah Anda termasuk?