Bagikan:

JAKARTA - Berempati adalah kemampuan merasakan apa yang orang lain rasakan. Ini merupakan kunci membangun hubungan yang berarti dan hidup bersama dengan orang lain. Beberapa orang terlahir dengan kemampuan alami untuk bersimpati, dan sebagiannya lagi merasa sulit terhubung dengan orang lain.

Namun jika Anda merasa kemampuan menempatkan diri di sisi orang lain kurang, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperdalam rasa empati.

Terhubung dengan orang lain

Cheryl Delaney, konselor profesional berlisensi di Atlanta, menyadur Psych Central menjelaskan bahwa mempelajari orang lain merupakan langkah besar untuk menjadi lebih berempati.

Jika Anda sulit memahami orang lain, maka kemungkinan besar Anda akan sulit memahami perilaku atau cara berpikirnya. Jika sulit memahami orang lain, Anda akan lebih susah berempati.

Agar lebih bisa mengerti orang lain, Anda bisa melakukan beberapa cara misalnya mengajukan pertanyaan pada orang, menjadi pendengar aktif, selalu hadir memberi support, membiarkan mereka aktif mengikuti aktivitas atau acara.

Mencoba masuk ke dalam perspektif orang lan

Mengembangkan empati dapat menjadi tantangan jika Anda belum masuk seutuhnya dalam kehidupan orang lain. Deirdre Cummings, seorang konselor dan pengacara klinis profesional berlisensi di Louisville, Kentucky, menawarkan sejumlah tip melakukan hal ini:

  • menjadi sukarelawan di tempat penampungan, rumah sakit, atau pusat komunitas
  • bertemu orang baru, terutama dari latar belakang lain
  • menghadiri acara dengan audiens yang beragam
  • mengundang kenalan untuk mengenal mereka lebih baik

Mengekspos diri pada cerita dan situasi kehidupan baru dapat membantu Anda belajar bahwa dunia adalah tempat yang luas dengan beragam perspektif dan pengalaman.

Terlibat dengan orang lain

Kasih sayang merupakan bagian penting dari jenis empati yang bermitra dengan kepedulian dan menggerakkan Anda untuk bertindak. Kebaikan adalah akar dari rasa kasih sayang.

Delaney merekomendasikan latihan berikut untuk Anda pertimbangkan jika mencoba mengembangkan lebih banyak empati secara keseluruhan:

  • Pikirkan setidaknya satu pujian yang dapat Anda berikan kepada orang yang Anda temui.
  • Putuskan apakah Anda ingin mengatakannya dengan lantang kepada mereka atau hanya menyimpannya untuk diri Anda sendiri.
  • Kembangkan kebiasaan memikirkan hal-hal yang Anda sukai dan kagumi tentang orang lain.

Empati dapat membantu Anda memahami apa yang sedang dialami seseorang. Ini juga dapat mengarahkan Anda memperlakukan dan memberikan kenyamanan kepada orang lain. Kebanyakan orang tumbuh dengan kemampuan mengembangkan empati, tetapi semakin sering Anda mempraktikkannya, Anda akan semakin berempati.

Mempelajari lebih banyak tentang perspektif lain, berhubungan dengan berbagai kelompok orang, dan mencoba memberikan dukungan kepada orang lain dapat membantu Anda menjadi lebih berempati.