Hari Ini 29 Januari, di Tahun 1886 Carl Benz Ajukan Paten Mobil Pertama di Dunia

JAKARTA - Pada tanggal 29 Januari 1886, Carl Benz mengajukan paten kendaraan roda tiga bermesin gas ke Kantor Paten Kekaisaran di Berlin. Paten itu bernomor “DRP 37435” dan spesifikasi paten itu dianggap sebagai paten untuk kendaraan pertama di dunia dengan mesin pembakaran internal dan pengapian listrik.

Carl Benz lahir di Karlsruhe, Jerman, pada tahun 1844. Dia adalah seorang insinyur yang bersemangat tentang mesin. Pada tahun 1879, dia mendirikan Benz & Company, yang memproduksi mesin pembakaran internal.

Carl Benz dan mobil pertamanya di dunia, foto diambil diambil di Munich pada tahun 1925
 

Mobil yang dipatenkan ini pertama kali dikendarai di depan umum pada tanggal 3 Juli 1886, di Ringstrasse di Mannheim. Teks spesifikasi paten dimulai dengan kata-kata: “Konstruksi ini dimaksudkan terutama untuk pengoperasian gerobak ringan dan perahu kecil, seperti yang digunakan untuk mengangkut satu sampai empat orang.… Tenaga penggerak disediakan oleh mesin gas kecil. , dari sistem apa pun. Yang terakhir ini disuplai dengan gasnya dari peralatan yang menyertainya, di mana gas dibuat dari ligroin atau zat gasifikasi lainnya. Silinder mesin dijaga pada suhu stabil melalui penguapan air.”

Sementara itu, pengajuan paten di Prancis dilakukan pada tanggal 25 Maret tahun yang sama.

“Kumpulan dokumen Benz memiliki relevansi global dan melambangkan asal mula mobil di masyarakat kita saat ini,” ungkap Prof. Dr. Hartwig Lüdtke, anggota komite nominasi Memory of the World di Jerman, menekankan pentingnya dokumen tersebut hingga saat ini, dilansir dari laman Mercedes-Benz, 29 Januari.

Penemuan ini dianggap sebagai kelahiran mobil yang telah mengubah dan membentuk mobilitas individu di seluruh dunia hingga saat ini makanya UNESCO memasukkan Paten Benz ke dalam Daftar Warisan Dokumenter Internasional “Memori Dunia” UNESCO.

Bertha Benz bersama putranya Eugen dan Richard selama perjalanan jarak jauh dari Mannheim ke Pforzheim pada tahun 1888

Kendaraan roda tiga bermesin gas Benz ini memiliki panjang sekitar 2,5 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 1,7 meter. Beratnya sekitar 250 kg. Kendaraan ini memiliki tiga roda, satu di depan dan dua di belakang. Roda depan dikemudikan oleh kemudi, sedangkan roda belakang dihubungkan ke mesin melalui poros penggerak.

Mesinnya sendiri berbobot sekitar 100 kg, sangat ringan menurut standar pada masa itu. Mesin empat langkah satu silinder horizontal memiliki perpindahan 954 sentimeter kubik dan menghasilkan output 0,55 kW pada kecepatan mesin 400 rpm. Namun semua detail penting yang dimiliki Benz dari mobil ini masih ditemukan di sebagian besar mesin pembakaran internal saat ini: poros engkol dengan beban penyeimbang, pengapian listrik, dan pendingin cairan

Fitur lainnya termasuk silinder dengan bak mesin terbuka, katup geser masuk yang dikendalikan oleh batang eksentrik, dan katup buang kecil yang digerakkan oleh cakram bubungan, lengan ayun, dan batang dorong.

Akhirnya, paten Benz membuka jalan bagi pengembangan mobil modern. Dalam beberapa tahun setelah paten ini diajukan, banyak perusahaan lain mulai memproduksi mobil. Pada tahun 1893 saja tercatat ada sekitar 1.200 mobil yang beroperasi di Jerman.