Replika Autentik Mobil Pertama di Dunia Bakal Dilelang! Harganya? 
Benz Patent-Motorwagen Replica 1886. (Dok. RM Sotheby's)

Bagikan:

JAKARTA - Replika dari Patent-Motorwagen karya Karl Benz, yang dianggap sebagai mobil bermesin pembakaran internal pertama di dunia, akan segera memasuki balai lelang RM Sotheby’s pada 1 Juni mendatang.

Diketahui dari sejarahnya, pada akhir tahun 1885, Karl Benz telah memproduksi mesin bensin empat-taktik silinder tunggal dan memasangnya pada kereta roda tiga yang dirancang khusus untuk mesin tersebut.

4

Menggunakan bahan bakar sejenis etanol, mesin yang dipasang secara horizontal ini menghasilkan tenaga ¾ horsepower ke roda belakang, dan mampu mencapai kecepatan tertinggi 8 mph (sekitar 12 km/jam) yang tercatat pada salah satu uji coba pertama.

Mobil ciptaan Benz ini secara umum dianggap sebagai mobil bermesin pembakaran internal pertama. Meskipun masih primitif dalam banyak hal, mobil ini juga memiliki fitur canggih seperti pengapian elektrik, katup masuk yang dioperasikan secara mekanis, dan gigi diferensial.

5

Benz mematenkan desainnya pada 30 Januari 1886 dan terus mengembangkannya sepanjang tahun 1886 dan 1887. Mobil ini pun mulai dijual ke publik, sekaligus menandai lahirnya industri otomotif.

Replika Autentik dari John Bentley Engineering

2

Karena Patent-Motorwagen asli telah hilang, para kolektor mengalihkan perhatian mereka ke replika luar biasa yang dibuat oleh perusahaan Inggris, John Bentley Engineering.

Replika buatan John Bentley Engineering dianggap sebagai yang paling autentik dan teliti dalam merestorasi desain asli Benz yang masih berfungsi. Kendaraan ini telah diproduksi dalam beberapa tahap sejak 1986, dengan dukungan dari pabrik - bahkan Daimler-Benz sendiri pernah memperoleh salah satu kelompok mobil yang diproduksi.

Replika Patent-Motorwagen buatan Bentley yang ditawarkan kali ini didapatkan oleh Dare to Dream Collection dari penjual di Inggris pada tahun 2016 dan masih dalam kondisi saat diperoleh. Mobil ini bisa direkondisi dengan hati-hati, dan kemudian menjadi mesin yang menarik untuk didemonstrasikan atau menjadi pajangan luar biasa untuk koleksi Mercedes-Benz.

Dengan desain, mesin, dan segala detail-detail penting yang menyerupai aslinya jelas mobil ini memiliki harga lelang yang lumayan. RM Sotheby’s memperkirakan lelangnya berada di kisaran 70 ribu-100 ribu dolar AS atau setara Rp1,1 miliar-Rp1,6 miliar.