Apa Itu Google Takeout: Berikut Uraian Lengkapnya

YOGYAKARTA - Google memiliki layanan khusus buat memindahkan data pengguna yakni Google Takeout. Berikut terdapat uraian mengenai apa itu Google Takeout dan bermacam-macam fiturnya.

Menurut laman resmi perusahaan, Google Takeout membolehkan pengguna buat mengekspor serta mendownload data Kalian dari produk Google yang Kalian pakai. Ini berarti kalian bisa memindahkan ataupun mengunduh informasi yang bersumber pada email, dokumen, Calendar, Photos, video YouTube, serta produk Google lain.

Apa Itu Google Takeout

Google Takeout diketahui selaku Download Your Data. Itu merupakan project dari Google Data Liberation Front yang mengizinkan pengguna produk Google (seperti pengguna YouTube serta Gmail) buat mengekspor data mereka jadi arsip data yang bisa diunduh.

Ada lebih dari 30 layanan ataupun produk Google yang datanya bisa diekspor. Beberapa layanan ataupun produk Google itu mencakup "Google++1s, Circles, Pages, Streams and posts","Chrome Sync bookmarks", Google Calendar appointments, Gmail Data, Google Maps, Google Street View, Google Contacts, Google Drive files, Google Fit, Google Photos, Google News, Google Play Store, Google Play Console, Google Play Movies, Google Play Music, Google Play Games, Google Play Books metadata and notes, Google Groups, Google Hangouts, Google Hangouts On Air, Google Keep, Google Stadia, Google Tasks, Google Location History, serta masih banyak lagi.

Dilansir dari Android Police, Google melacak serta mengumpulkan banyak sekali data tentang penggunanya. Mereka sanggup melacak riwayat pencarian pengguna, data kesehatan, aktifitas YouTube, prosedur pembayaran, buku favorit, email, lokasi, dan bahkan perangkat rumah pintar teratas yang tersambung ke akun Google.

Google Takeout merupakan alat ekspor yang membolehkan Kalian mengunduh informasi buat penyimpanan lokal ataupun mentransfernya ke layanan lain. Layanan Google ini sangat bermanfaat apabila Kalian bekerja di bidang bisnis, organisasi, ataupun institusi pendidikan. Google Takeout umumnya digunakan buat mentransfer data karyawan ke akun Google lain saat mereka keluar dari perusahaan.

Mahasiswa pula memakainya pada saat mereka menyelesaikan masa kuliahnya di suatu universitas serta mau mendownload data dari ID Google yang ada. Ini pula merupakan metode cepat buat mengunduh data dari Google Drive buat redundansi penyimpanan lokal ataupun buat mengosongkan ruang Drive dengan mengarsipkan file lama.

Google Takeout berikan Kalian opsi buat bermacam format saat memilih layanan Google yang mau Kalian ekspor. Misalnya, Google Docs bisa diekspor selaku tipe file DOCX serta PDF, format umum yang biasanya gampang dibuka.

Pada keseluruhan data, jenis file yang dikeluarkan oleh Google Takeout yaitu "Zip" serta "Tgz". Berikut beberapa sebab kenapa kalian wajib menggunakan Google Takeout:

Ekspor seluruh file media Google Photos Kalian ke drive eksternal ataupun penyimpanan lokal.

Buat cadangan offline akun Google Kalian serta hindari kehilangan data selama serbuan ransomware.

Transfer bookmark Chrome, kontak Google, acara kalender Google, serta data relevan yang lain ke layanan pesaing semacam Dropbox, penyimpanan cloud OneDrive, Outlook, serta banyak lagi.

Kalian mau memigrasikan data ke akun baru. Bisa jadi Kalian memutuskan buat mengkombinasikan semua ke satu akun, bergeser ke akun bisnis, ataupun bisa jadi telah waktunya buat menghentikan alamat email jelek yang Kalian miliki sejak sekolah.

Sesudah permintaan ekspor data berakhir di Google Takeout, Kalian bakal menerima pemberitahuan email yang berisi link ke folder tempat data Kalian memilih. Bila Kalian memilih “Send download link via email” maka pengguna bakal diarahkan ke folder yang berisi data di Google Takeout buat mengunduh data Kalian.

Kalian pula dapat memindahkan arsip data ke beberapa layanan cloud seperti Drive, Dropbox, Box, serta OneDrive. Itulah tadi uraian mengenai apa itu Google Takeout, fiturnya sangat bermanfaat lah ya?

Selain itu baca juga: “Cara Melihat dan Menghapus Riwayat Perjalanan di Google Maps” agar memudahkan kalian dalam mengatur kerahasiaan pribadi kalian.

Jadi setelah mengetahui apa itu Google takeout, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!