Bagikan:

YOGYAKARTA - Ekspansi merupakan sebutan yang sering ditemui dalam dunia bisnis serta ekonomi. Walaupun bukanlah istilah yang asing, namun masih terdapat beberapa orang yang belum memahami apa itu ekspansi. Ingin tahu apa saja jenis-jenis ekspansi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekspansi merupakan perluasan peredaran uang ke dalam perputaran. Hal ini berkaitan dengan dunia ekonomi.

Sedangkan bagi Cambridge Dictionary, ekspansi berarti sesuatu usaha dalam menaikkan dimensi jumlah ataupun kepentingan tertentu.

Pengertian Ekspansi menurut Ahli

Dilansir dari Pengantar Bisnis karya Sattar,S.E.,M.Si., berikut merupakan penafsiran ekspansi bagi beberapa ahli.

  1. Alex S. Nitisemito

Ekspansi merupakan sesuatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan buat memperbesar industri dari ukuran yang lebih kecil jadi yang lebih besar sebab permintaan yang kian meningkat terhadap barang ataupun jasanya.

  1. Bambang Riyanto

Ekspansi merupakan perluasan modal baik ekspansi modal kerja saja ataupun modal kerja yang digunakan secara terus menerus di dalam perusahaan.

  1. Suad Husnan serta Enny Pudjiastuti

Ekspansi ialah Perluasan usaha yang bisa dilakukan dengan metode menaikkan kapasitas pabrik menaikkan unit produksi menaikkan divisi baru serta pula mencampurkan usaha yang sudah ada (konsolidasi) ataupun membeli perusahaan yang sudah ada (akuisisi).

Maka bisa disimpulkan kalau ekspansi merupakan sesuatu aktivitas yang dilakukan untuk membuat hal yang dimaksud jadi meningkat ataupun lebih besar. Tidak hanya itu ekspansi pula bisa dimaksud selaku peningkatan aktivitas ekonomi serta pertumbuhan dunia usaha (expansion).

Jenis-jenis Ekspansi

Ekspansi terdiri dari berbagi jenis ataupun wujud yang disesuaikan dengan karakteristik perusahaan. Berikut jenis-jenis ekspansi.

1. Ekspansi Bisnis

Ekspansi bisnis merupakan perluasan yang dijalankan tanpa membuat terbentuknya perubahan struktur modal. Dalam perluasan ini, industri tidak menambah alat-alat produksi tetapi cuma menaikkan modal kerja dengan memakai kapasitas produksi yang ada di dalam perusahaan.

Misalnya pengusaha menambah kapasitas produksi ataupun distribusinya buat tingkatkan pemasukan perusahaan. Biasanya, seorang pengusaha yang melangsungkan ekspansi yaitu buat meningkatnya permintaan atas barang ataupun jasa yang disediakan sehingga wajib meluaskan kapasitas produksinya.

Terdapat beberapa ragam ekspansi bisnis yang sering dilakukan perusahaan. Di antara lain yaitu selaku berikut.

Merger (penggabungan): kegiatan ekspansi yang penggabungan 2 ataupun lebih perusahaan jadi satu perusahaan besar. Merger dilakukan buat memperluas bisnis.

Akuisisi (pemerolehan): kegiatan membeli ataupun mengambil alih sebagian besar atau seluruh saham dari perusahaan buat memperoleh kontrol atas perusahaan tersebut.

Leveraged buyout (pembelian terutang): pembelian suatu perusahaan tertentu dengan prosedur pinjaman utang.

Hostile take over (pengambilalihan paksa): akuisisi yang dilakukan kepada suatu perusahaan secara paksa dengan membuka penawaran harga saham yang mau dimiliki di pasar modal dengan harga yang melebihi harga pasar.

Joint venture (mendirikan usaha patungan): penggabungan 2 perusahaan yang sepakat untuk membangun bisnis baru demi mencapai kekuatan ekonomi yang lebih besar tanpa melihat latar belakang modal serta lokasi di tiap-tiap negara yang bersangkutan.

2. Ekspansi Finansial

Ekspansi finansial ialah kegiatan membeli alat produksi tahan lama, memodernisasi alat produksi yang lama, mendirikan pabrik baru mengambil alih perusahaan lain, penggabungan dengan perusahaan lain, serta sebagainya.

Buat tipe ekspansi ini menyebabkan perubahan struktur modalnya. Pada tingkatan ekstensi ini kebutuhan modal melonjak sehingga wujud ini kerap disebut ekspansi yang melonjak.

3. Ekspansi kredit

Ekspansi kredit merupakan aktivitas penambahan jumlah kredit. Kredit sendiri yaitu penyediaan uang ataupun tagihan berdasarkan kesepakatan pinjam meminjam antara pihak bank dengan pihak lain yang mengharuskan pihak peminjam buat melaksanakan dengan jumlah bunga selaku imbalan.

4. Ekspansi Pasar

Ekspansi pasar merupakan sesuatu aktivitas yang perusahaan jalani dengan tujuan memperluas pasar baru dengan bermacam produk yang sudah perusahaan miliki sebelumnya.

Tujuan dari perusahaan melaksanakan ekspansi yaitu buat menjangkau pasar pada suatu lokasi baru.

Selain itu kami juga menyediakan artikel terkait, “Apa itu Akuisisi” beserta jenis dan tujuannya.

Jadi setelah mengetahui jenis-jenis ekspansi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!