WhatsApp Tambahkan Fitur Pesan Suara ke dalam Saluran

 JAKARTA – Setelah masuk ke dalam pengujian beta, WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur pesan suara ke dalam Saluran. Fitur tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan interaksi di Saluran.

Kabar peluncuran fitur pesan suara ini dikonfirmasi langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg. Ia mengatakan bahwa, “Kami (Meta) mengumumkan banyak fitur baru untuk Saluran WhatsApp, termasuk catatan suara.”

Sejak pertama kali Saluran diperkenalkan, admin atau pemilik Saluran hanya bisa membagikan foto, video, GIF, dan teks informasi kepada para pengikutnya. Kini, pemilik Saluran bisa memberikan lebih banyak informasi melalui pesan suara.

Dengan mengirimkan pesan suara di Saluran, komunikasi antara admin dengan para pengikut akan menjadi lebih baik. Pasalnya, fitur pesan suara bisa memberikan informasi yang dinamis dan ekspresif sehingga pesannya bisa ditangkap dengan lebih mudah.

Artis pertama yang menggunakan Saluran dan sudah memanfaatkan fitur tersebut adalah Rapper Puerto Rico, Bad Bunny. Pemilik Saluran dengan 19,7 juta pengikut itu mengirimkan pesan suara sebanyak dua kali dengan waktu di bawah satu menit.

Untuk saat ini, belum ada informasi mengenai batasan waktu dalam mengirimkan pesan suara. Fitur ini juga belum banyak dimanfaatkan oleh pemilik Saluran karena WhatsApp masih meluncurkan fiturnya secara bertahap di seluruh dunia.

Selain menambahkan pesan suara ke dalam Saluran, WhatsApp juga menambahkan fitur polling ke dalam Saluran. Saat fitur tersebut dibuat, pengikut Saluran bisa memilih opsi yang dihadirkan di dalam polling.

Penggunaan fitur polling ini sama seperti yang ada di obrolan. Pemilik Saluran bisa membuat polling dengan pertanyaan umum, kemudian menyertakan beberapa pilihan menarik. Saat polling selesai dibuat, pengguna bisa melihat opsi yang paling banyak dipilih.