Alex Lifeson Bicara Penyakit Radang Sendinya yang Memburuk 

JAKARTA - Gitaris Rush, Alex Lifeson membahas penyakit radang sendi yang sudah lama dideritanya. 

Selama beberapa dekade terakhir, musisi Kanada berusia 70 tahun ini menderita radang sendi psoriatis, suatu bentuk radang sendi autoimun kronis yang menyebabkan peradangan sendi dan terjadi bersamaan dengan kondisi kulit psoriasis.

Saat tampil di episode "Trunk Nation With Eddie Trunk" SiriusXM belum lama ini, Lifeson mengungkapkan penyakit tersebut perlahan semakin buruk.

"Saya menderita radang sendi psoriatis, dan saya sudah mengidapnya cukup lama - selama hampir 20 tahun. Saya menggunakan dua obat biologis untuk pengobatan radang sendi, jadi seperti sebuah pukulan ganda dalam menanganinya," kata Lifeson.

"Dan ini sangat, sangat efektif. Terlepas dari efek samping dan semuanya, ini merupakan rejimen yang sangat efektif untuk saya, dan ini benar-benar membantu tangan saya," lanjut dia.

Lifeson juga berbicara tentang kemungkinan dia kembali beraktivitas, baik dengan rekan bandnya di Rush Geddy Lee atau dengan proyek lain.

"Setelah 40 tahun tur, saya tidak tertarik melakukan tur lagi. Saya menikmatinya ketika saat itu kami melakukannya. Ada banyak suka dan duka. Pertunjukannya bagus dan untuk itu 21 jam lainnya dalam sehari, Anda hanya menunggu tiga jam itu. Dan itu melelahkan, terutama bila Anda memiliki keluarga dan Anda memiliki orang-orang terkasih di rumah yang membuat Anda terasing selama berbulan-bulan pada suatu waktu."

"Saya tidak melewatkan aspek itu. Apakah saya suka bermain di depan orang-orang? Ya. Saya masih menyukainya — mungkin tidak sampai pada titik di mana saya harus melakukannya.