Cara Melihat Kapasitas RAM di HP dan Pemakaian untuk Aplikasi

JAKARTA - Saat ini spesifikasi ponsel makin variatif. Baik dari segi jenis layar, jumlah kamera yang ditanamkan, penyimpanan internal, System on Chipset (SoC), hingga kapasitas RAM. Calon pembeli bisa lebih leluasa mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan dan kegiatan.

Di antara berbagai pilihan tersebut, RAM merupakan salah satu komponen penting dari telepon pintar. Sebagai tambahan, RAM adalah peranti yang berfungsi untuk menyimpan data primer serta berperan sebagai memori utama.

Oleh karena itu, besar ukuran RAM yang dimiliki ponsel bisa memengaruhi performa serta kinerja pengoperasian perangkat. Jika kapasitas RAM kecil, bisa dipastikan ponsel akan lebih lambat memproses perintah dan program. Sebaliknya, program bisa berjalan cepat jika RAM ponsel memiliki kapasitas besar.

Selain kapasitas RAM, penggunaan memori oleh sistem juga memengaruhi kecepatan pemrosesan. Tergantung jenis aplikasi yang dijalankan, jumlah aplikasi latar belakang yang berjalan bersamaan, serta jenis aktivitas pengguna.

Tak ayal, ketika kapasitas RAM habis, maka kinerja perangkat akan terasa lebih lambat. Dan jika tidak segera diatasi, perangkat Android bakal lebih lemot. Oleh karena itu, penting untuk mengecek kapasitas RAM pada HP Anda.

Beruntungnya, ada beberapa cara melihat RAM HP yang bisa kamu lakukan. Dihimpun dari Fossy Bytes, begini langkah-langkah mengetahui RAM HP Android yang gampang.

Cara Mengecek RAM HP Melalui Opsi Pengembang Android

Aplikasi Pengaturan kaya akan pilihan yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan perangkat. Tak terkecuali, pengguna HP Android juga bisa mengecek ukuran RAM serta melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di latar belakang.

Hanya saja, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, kamu perlu membuka menu Opsi Pengembang. Cara mengaktifkan Opsi Pengembang cukup gampang. Buka Pengaturan, swipe-up layar hingga menemukan menu About, kemudian pilih Software Informasi.

Selanjutnya, pilih menu More dan temukan keterangan Build Number. Ketuk menu tersebut sebanyak 10 kali hingga menu Developer Options muncul pada layar. Jika menu pengembang sudah muncul, buka kembali halaman utama dari aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Opsi Pengembang.

Temukan menu Running Services agar kamu bisa melihat status dari RAM ponsel Android saat ini. Status tersebut berisi informasi terkait jumlah memori (resources) yang dipakai setiap aplikasi serta nama aplikasi yang sedang berjalan.

Nah, itulah cara melihat RAM HP paling gampang yang bisa kamu lakukan sendiri dari rumah. Semoga langkah-langkah di atas bisa membantumu untuk meningkatkan performa perangkat, gaes.