Meningkat dengan Cepat, Pelanggan YouTube TV Mencapai 6,5 Juta

 

JAKARTA – Google terus meningkatkan performa dari YouTube TV untuk menarik lebih banyak pelanggan. Upaya ini berhasil karena YouTube TV menjadi produk Google dengan pertumbuhan tercepat.

Data terbaru dari Leitchman Research Group (LRG), perusahaan penelitian dan konsultasi, menunjukkan bahwa YouTube TV telah mencapai 6,5 juta pelanggan. Angka ini berhasil Google raih pada kuartal ketiga tahun 2023.

Secara keseluruhan, pasar penyedia TV berbayar sedang dilanda kerugian, baik penyedia TV kabel terkemuka maupun TV berbayar tradisional. Namun, layanan streaming virtual Multichannel Video Programming Distributor (vMVPD) tetap bertahan di tengah kerugian tersebut.

Pelanggan YouTube TV berhasil naik sebanyak 600.000 dari kuartal sebelumnya, menjadikan YouTube TV sebagai layanan vMVPD dengan jumlah penambahan bersih terbanyak di kuartal ketiga tahun 2023.

Selain YouTube TV, layanan vMVPD lainnya yang mampu selamat dari kerugian adalah Hulu, Sling TV, dan Fubo. Hulu berhasil mencapai 300.000 pelanggan, Sling TV berhasil mencapai 117.000 pelanggan, dan Fubo berhasil mencapai 310.000 pelanggan.

Dari empat layanan vMVPD, YouTube TV menjadi satu-satunya platform dengan jumlah pelanggan di atas 5 juta. Padahal, layanan televisi streaming ini hanya tersedia di Amerika Serikat, berbeda dengan layanan vMVPD lain yang tersedia di lebih dari satu negara.

Saat ini, YouTube TV memiliki lebih dari 100 saluran siaran, kabel, olahraga regional, hingga film dan acara berdasarkan permintaan pelanggan. Google juga menambahkan jaringan premium tambahan untuk acara olahraga seperti NBA.