Anindya Bakrie Jadi CdM Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024

JAKARTA – Anindya Bakrie resmi ditunjuk menjadi Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung pada 26 Juli-11 Agustus 2024.

Sosok yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) itu ditunjuk mengemban tugas ini dalam acara Konferensi Pers Menjaga Merah Putih di Kantor Komite Olimpiade Indonesia (NOC), Jakarta, Jumat, 5 Januari 2024.

"Sesuai yang kami laporkan kepada Pak Menpora, menunjuk saudara saya Anindya Bakrie sebagai Chef de Mission kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

"Saya kira memutuskan saudara Anindya Bakrie menjadi CdM kontingen Indonesia bukanlah hal sulit. Jika melihat rekam jejaknya, beliau saat ini adalah Ketua Umum PRSI," ia melanjutkan.

Anindya Bakrie akan mengemban tugas untuk membuat sejarah di Paris nanti. Kontingen Indonesia diharapkan bisa mendapat lebih dari dua emas untuk melewati pencapaian tertinggi Olimpiade 1992 di Barcelona.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Dito Ariotedjo, berharap mudah-mudahan Anindya Bakrie bisa memenuhi target mencetak sejarah tersebut.

"Mudah-mudahan Olimpiade Paris 2024 ini menjadi sejarah buat kontingen Indonesia sekaligus menutup periode pemerintahan 2019-2024. Jadi, ini hadiah terakhir. Semoga Mas Anindya bisa memberikan hadiah terakhir," katanya.

Saat ini Indonesia sudah punya lima wakil yang lolos ke multiajang empat tahunan terbesar di dunia tersebut. Kelima nama yang lolos tersebut masing-masing dari cabor panahan, senam artistik, dan panjat tebing.

Dua atlet panahan yang lolos ialah Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa. Lalu, satu atlet senam artistik yang sudah mendapat tiket ialah Rifda Irfanaluthfi.

Terakhir, dua atlet panjat tebing adalah Desak Made Rita dan Rahmad Adi Mulyono.