Bagikan:

JAKARTA – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menggelar doa bersama sebelum melepas atlet-atlet mereka berlaga di Olimpiade Paris 2024.

Acara yang mengundang tokoh dari enam agama memimpin doa tersebut digelar di ruang serbaguna pemusatan latihan nasional (Pelatnas) PBSI Cipayung, Jakarta Timur, pada Kamis, 11 Juli 2024, petang.

Hadir dalam kesempatan ini ialah Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Anindya Bakrie, Ketua Harian PBSI Alex Tirta, dan Sekertaris Jenderal PBSI Fadil Imran.

Okto, sapaan Raja Sapta Oktohari, dalam sambutannya meminta semua atlet yang akan berangkat ke Paris tidak perlu terganggu dengan target sekalipun bulu tangkis tetap menjadi harapan besar Indonesia.

"Saya memiliki kepercayaan sama seperti masyarakat Indonesia bahwa bulu tangkis akan memberikan warna. Tidak diragukan lagi dari tempat inilah akan datang emas-emas lainnya," kata Okto.

Sementara itu, Anindya mengatakan bahwa ia dan timnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi semua kebutuhan atlet baik dalam perjalanan, selama di Paris, dan kepulangan.

"Bulu tangkis harusnya bisa melanjutkan tradisi. Saya berharap semuanya bisa fokus dan tidak perlu memikirkan apa pun," ujar sosok yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Akuatik itu.

Bulu tangkis termasuk salah satu cabor yang masih diunggulkan untuk mendapat emas di Paris nanti. Selama ini cabor tersebut adalah penyumbang tunggal medali emas buat Indonesia di Olimpiade.

Fadil mengatakan bahwa tantangan berat pasti akan dihadapi oleh atlet-atlet dalam mengejar target mereka. Namun, ia meminta atlet agar tidak gentar menghadapi tantangan sebesar apa pun.

"Di belakang kalian ada doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. Kita sudah bekerja dengan satu tujuan. Semoga apa yang kita lakukan hari ini memberikan ketenangan dan keyakinan," katanya.

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2024. Cabor bulu tangkis mulai dipertandingkan pada 27 Juli sampai 5 Agustus 2024.

Cabor bulu tangkis total punya sembilan atlet yang akan bertanding di Perancis nanti. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Gregoria Mariska Tunjung, Jonatan Christie, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Rinov Rivaldy, dan Pitha Haningtyas Mentari.