Bagikan:

JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemepora) resmi menggelontorkan dana sebesar Rp516 miliar untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatra Utara 2024.

Dukungan tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kemenpora dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, PB PON XXI wilayah Aceh, dan PB PON XXI 2024 wilayah Sumatera Utara, pada Kamis, 11 Juli 2024.

"Ini menunjukkan komitmen Pemerintah dalam meningkatkan prestasi olahraga. Kami berharap penyelenggaraan sukses, sukses prestasi, ekonomi, dan administrasi," ujar Menpora.

Jumlah dana tersebut akan disalurkan untuk enam kebutuhan di pesta olahraga terbesar nasional tersebut. Besaran anggaran di masing-masing pos pun berbeda-beda.

Angka terbesar untuk pengadaan sarana pertandingan di kedua provinsi tuan rumah itu. Detailnya, Aceh mendapat Rp138 miliar dan Sumatera Utara mendapat Rp101 miliar.

Lalu, di bidang pertandingan untuk Aceh, Pemerintah menyalurkan Rp72 miliar. Sementara penyaluran dana wilayah Sumut ialah sebesar Rp74 miliar.

Berikutnya. penyaluran untuk penyelenggaraan Rp60 miliar, penyaluran untuk Closing Ceremony Rp41 miliar, dan penyaluran untuk mendukung penyelenggaraan sebesar Rp30 miliar.

"Dengan perjanjian kerja sama ini, kami berharap semua pihak dapat bekerjasama saling mendukung dan bersinergi untuk mewujudkan PON yang sukses," tutur Dito.

PON 2024 Aceh-Sumut akan berlangsung pada 8-20 September 2024. Tahun ini total ada 67 cabang olahraga akan dipertandingkan.