Oppenheimer dan M3GAN Bikin Universal Pictures Jadi Rumah Produksi Tersukses 2023

JAKARTA - Persaingan film pasca pandemi sangat terasa dengan banyaknya film yang dirilis sepanjang tahun 2023. Ternyata, tahun itu didominasi oleh Universal Pictures yang disebut sebagai rumah produksi terlaris sepanjang tahun 2023.

Berkat 24 film yang dirilis, Universal berhasil menyingkirkan Disney ke posisi kedua. Beberapa film termasuk The Super Mario Bros. Movie, Oppenheimer, dan M3GAN berperan besar dalam meningkatkan penjualan tiket secara global.

Hal ini menjadi spesial karena Universal memperoleh posisi pertama untuk pertama kalinya sejak tahun 2015 Disney selalu memimpin posisi pertama.

Disney berada di posisi kedua dengan 17 film yang mereka rilis seperti Guardians of the Galaxy Vol. 3, Indiana Jones and the Dial of Destiny, serta The Little Mermaid.

Akan tetapi, untuk pertama kalinya, tidak ada film Disney yang menempati film terlaris. Menurut laporan Variety, Barbie menjadi film terlaris di tahun 2023 dengan mengantongi Rp21 triliun disusul The Super Mario Bros. Movie dan Oppenheimer.

Selain itu, tidak ada film Disney yang mencapai 1 miliar dolar sepanjang tahun 2023. Film Guardians of the Galaxy Vol. 3 mencapai 845 juta dolar dan menjadi satu-satunya yang nyaris mencapai angka 1 miliar.

Di sisi lain, film-film Universal tidak selalu mendapat kesuksesan. Film Renfield yang dibintangi Nicolas Cage dan Nicholas Hoult hanya mencapai 26 juta dolar secara global.

Warner Bros. menjadi rumah produksi di urutan ketiga dengan Barbie, The Nun II, dan Wonka. Sony dan Paramount belum melaporkan penghasilan mereka untuk tahun 2023.

Sony berhasil mencapai box office dengan Spider-Man: Across the Spider-Verse sementara Paramount dengan Mission: Impossible - Dead Reckoning Part One.