Begini Cara Mengganti Format Teks di WhatsApp: Tebal, Miring, Coret, dan Monospace

JAKARTA - Jarang orang tahu jika aplikasi Whatsapp sudah dilengkapi fitur teks yang mirip Microsoft Word. Fitur ini memungkinkan teks menjadi tebal (bold), miring (italic), teks dicoret (strikethrough) dan ganti font (monospace). 

Fitur ini bisa menjadikan tulisan dalam bentuk yang berbeda. Apalagi jika digunakan untuk membuat sebuah tulisan agak panjang dengan tujuan membedakan subjudul dan teksnya. Pengguna bisa mengikuti cara mengganti format teks dalam WhatsApp sebagaimana yang akan dipaparkan berikut ini:

1. Huruf Tebal (Bold)

Jenis ini akan menjadikan teks yang ditulis menjadi tebal. Bisa berfungsi untuk membedakan judul atau subjudul dengan teks lain. Bisa juga digunakan untuk memberikan penekanan pada topik tertentu sesuai dengan keperluan pengguna.

Cara bold tulisan di WhatsApp ini cukup gampang. Pengguna hanya perlu meletakkan tanda bintang atau asterisk (*) sebelum dan sesudah teks yang ditulis.

Contoh: *Huruf Tebal*

Hasilnya: Huruf Tebal

2. Huruf Miring (Italic)

Format ini memungkinkan tulisan yang diketik pengguna menjadi miring. Pengguna juga bisa membuat tulisan yang dikutip menjadi miring atau membuat tulisan dengan format resmi seperti menuliskan judul buku yang memang harus dimiringkan.

Pengguna hanya perlu menekan lambang garis bawah atau underscore ( _ ) sebelum dan sesudah kata atau kalimat yang ditulis.

Contoh: _Huruf Miring_

Hasilnya: Huruf Miring

3. Teks Dicoret (Strikethrough)

Format ini bisa membuat teks menjadi tercoret. Hal ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Teks akan terlihat ada coretan di bagian tengahnya. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna tinggal menambahkan garis yang bergelombang atau tilde (~) untuk membuat teks tercoret.

Contoh: ~Huruf Dicoret~

Hasilnya: Huruf Dicoret

4. Ganti Font (Monospace)

Dengan memakai format teks monospace ini, tulisan di WhatsApp akan berubah menjadi tulisan dengan font lawas. Pengguna yang ingin mencoba format ini bisa menuliskan tanda backtick (```) di awal dan akhir kata.

Contoh: ```Ganti Font```

Hasilnya: Ganti Font

Demikian cara mengganti teks di WhatsApp dengan mudah sebagaimana yang ditulis di laman resmi aplikasi perpesanan tersebut. Format ini merupakan format bawaan dari aplikasi WhatsApp. Jika ingin menambahkan format lain bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Flip Text dan Text Art yang ada di Google Play Store.