CrossOver GX250, Model Gogoro Pertama yang Diproduksi di India

JAKARTA - Gogoro, produsen motor listrik asal Taiwan resmi memperluas jajaran kendaraan ramah lingkungan di India dengan meluncurkan CrossOver GX250, sekaligus debut perdana bagi seri CrossOver. Motor tersebut menjadi salah satu solusi mobilitas di perkotaan.

Motor ini awalnya direncanakan untuk Business to Business (B2B) di Delhi dan Goa, namun perusahaan akan meluncurkannya juga untuk Kota Mumbai dan Pune pada paruh pertama 2024 dan bagi konsumen pada kuartal kedua tahun depan.

Horace Luke, selaku Founder dan CEO Gogoro, mengatakan diluncurkannya CrossOver GX250 karena pasar India berada pada posisi yang tepat dalam peralihan ke transportasi B2B dan konsumen yang berkelanjutan.

“Seri Gogoro CrossOver mewujudkan segala yang diperjuangkan merek kami dan CrossOver GX250 buatan India yang baru dioptimalkan untuk pengendara di India dengan ruang duduk lebih banyak, penyimpanan lebih besar, dan ground clearance lebih baik,” kata Luke dalam laman resmi Gogoro, Selasa, 12 Desember.

CrossOver GX250 merupakan model Gogoro pertama yang diproduksi di pabrik India, tepatnya dalam fasilitas Maharashtra. Motor ini dilengkapi berbagai fitur-fitur khusus untuk memenuhi kebutuhan pasar India sesuai dengan masukan dari para pengendara.

Motor tersebut juga menggunakan rangka segala medan yang dikembangkan demi memberikan peningkatan kekakuan yang menawarkan stabilitas maksimal. Rangka baru ini juga memberikan ground clearance 176mm, yang tertinggi di jajaran kendaraan Gogoro saat ini.

CrossOver GX250 menggunakan Direct Drive 2,5 kW yang memberikan kecepatan tertinggi hingga lebih dari 60 km/jam dan memiliki baterai yang mampu menempuh hingga 111 km. Desain rangka baru CrossOver GX250 sangat meningkatkan ketahanan sistem suspensi dan mengakomodasi beban yang lebih besar sekaligus mengutamakan kenyamanan dan stabilitas.

Seri CrossOver nantinya akan tersedia dalam dia model. Menyusul CrossOver GX250, ada CrossOver 50 dan CrossOver S yang akan tersedia dan dikirimkan ke pelanggan pada 2024 mendatang.

Selain peluncuran motor listrik, pabrikan asal Taiwan ini juga menyediakan fasilitas pertukaran baterai (swap-battery) untuk wilayah tersebut. Nantinya, jaringan swap-battery tersebut akan di India mulai 2024 di kota Delhi, Goa, dan akan diperluas ke Mumbai serta Pune tahun depan.