Bagikan:

JAKARTA - Ford dikabarkan akan mengembalikan nama lama pada jajaran terbarunya, salah satunya EcoSport yang telah disuntik mati pada 2022 lalu. Terlebih, saat ini pabrikan belum memiliki sebuah crossover berdimensi kecil dengan harga terjangkau.

Menurut laporan Motor.Es yang ditulis Top Gear Philippines, Selasa, 14 Mei, pabrikan dengan julukan “Blue Oval” ini akan menghidupkan model tersebut pada 2025 mendatang. Laporan tersebut mengatakan model ini akan dirakit di pabrik Valencia, Spanyol.

Dengan demikian, Ford EcoSport terbaru ini akan menjadi saingan dari Dacia Duster di benua biru. Di Eropa, Duster memiliki pengaruh yang kuat pada kelas crossover beranggaran kecil, segmen yang juga diinginkan oleh Ford.

Hal menarik lainnya ialah model tersebut akan ditawarkan dalam powertrain hybrid. Namun, perusahaan juga akan menghadirkan opsi turbocharged dengan mesin kapasitas lebih rendah.

Saat ini, belum ada gambar terbaru mengenai model ini dalam wujud prototipe sedang diuji coba. Kemungkinan besar publik akan segera mengetahui wujudnya pada pertengahan atau akhir tahun 2025.

Beberapa waktu lalu, beredar bocoran foto paten yang kemungkinan akan menjadi EcoSport yang baru. Namun, Ford masih bungkam mengenai kabar tersebut.

Mobil bertipe SUV ini pernah menghiasi jalan Indonesia pada tahun 2014 lalu. Mobil ini ditawarkan dengan mesin 1,5 liter berbahan bakar bensin dengan pilihan transmisi manual hingga otomatis.

Ford memutuskan untuk menghentikan produksi EcoSport pada tahun 2022 lalu karena terjadi penutupan pabrik di Chennai, India, tempat di mana SUV ini diproduksi.

Meskipun telah dihentikan, mobil ini masih bisa dimiliki dalam kondisi bekas di Indonesia. Berdasarkan pantauan VOI di situs jual beli mobkas, Ford EcoSport keluaran 2014 bisa didapatkan dengan harga Rp85 juta hingga termahalnya mencapai Rp122 juta.