Bagikan:

JAKARTA - Merek otomotif premium dari Inggris, Jaguar berencana meluncurkan mobil konsep GT berbasis Battery Electric Vehicle (BEV) untuk pasar Amerika Serikat (AS) pada akhir tahun 2024 sekaligus sebagai bagian dari kelahiran kembali dari merek ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh CEO Jaguar Land Rover (JLR) Adrian Mardell, yang mengatakan mobil tersebut akan menggunakan arsitektur yang dikembangkan sendiri sekaligus mengembalikan DNA dari merek. Perlu diketahui, mobil Jaguar saat ini berbagi platform dengan Land Rover.

Dilansir dari Automotive News Europe, Selasa, 14 Mei, sedan tersebut akan mulai dijual tahun depan dengan harga lebih dari 100.000 poundsterling (tembus Rp2 miliaran) dan akan masuk ke pasar kendaraan ultra mewah seperti Bentley.

Pabrikan berlogo hewan “Jaguar” ini akan memperluas modelnya menjadi tiga kendaraan dan akan dibangun di atas platform yang disebut Jaguar Electrified Architecture (JEA).

Sayangnya, pihak pabrikan belum mau mengungkapkan rincian lebih lanjut mengenai model tersebut. Namun, diperkirakan EV bergaya GT ini akan diungkapkan di Pebble Beach Concours d’Elegance pada bulan Agustus atau Los Angeles Auto Show di November mendatang.

Jaguar Land Rover melihat AS sebagai pasar penting bagi peluncuran kembali merek Jaguar sebagai merek mobil listrik kelas atas yang akan bersaing dengan Bentley dan Porsche, bukan Mercedes-Benz dan BMW.

Perusahaan optimis bahwa langkah yang diambil ini akan berhasil mengingat merek tersebut pernah sukses menjajaki pasar AS pada tahun 1990-an saat Jaguar menargetkan pembeli kaya raya.

Merek legendaris ini juga mengatakan bahwa GT terbaru ini akan mengambil inspirasi dari sejumlah model yang berkontribusi dalam kesuksesan Jaguar di masa lalu, termasuk E-Type yang ikonik.

“Kalian akan tergiur saat melihat mobilnya. Saya yakin,” kata Mardell meyankinkan.

Tahun lalu, Chief Creative Officer JLR Gerry McGovern, mengatakan bahwa model tersebut akan memiliki desain yang mencengangkan dan berbeda dari mobil listrik lainnya. Diklaim bahwa mobil tersebut memiliki jangkauan hingga 700 km.