Superveloce Arsham, Motor dengan Nilai Seni Tinggi yang Tersedia 6 Unit Saja

JAKARTA - Pameran seni Art Basel Miami Beach 2023 kali ini kedatangan tamu istimewa. Adalah sebuah sepeda motor bernilai seni tinggi dihadirkan pabrikan MV Agusta dengan meluncurkan Superveloce Arsham. Tidak hanya itu, motor ini juga dijual secara terbatas berjumlah enam unit saja.

Motor tersebut merupakan hasil kolaborasi antara pabrikan asal Italia tersebut dengan seniman asal AS, Daniel Arsham. Ia dikenal sebagai seorang pengrajin yang memiliki teknik erosi yang dapat menghasilkan karya seni tersendiri.

Dicirikan oleh kombinasi arsitektur dan seni, Arsham melakukan hal yang tidak biasa dalam menciptakan karyanya dengan menciptakan paradoks seperti fasad yang mengepul atau sosok yang terbungkus dinding. Hal inilah yang diaplikasikan pada Superveloce edisi khususnya.

Dilansir dari Roadracingworld, Jumat, 8 Desember, motor tersebut diselimuti warna putih yang menjadi ciri khas dari sang seniman. Terlihat seluruh bagian mulai dari rangka, bodi, roda, hingga aksesoris lainnya dilumuri oleh warna putih serta seat cowl berlambang teknik seni dari Arsham.

"Saya sangat senang dengan kolaborasi luar biasa ini dengan Daniel Arsham, seorang seniman yang sangat saya kagumi dan memiliki banyak kesamaan dengan MV Agusta dalam hal nilai dan filosofi. Karya-karyanya sangat menginspirasi, dan bersama-sama kita akan membawa Seni Sepeda Motor kita ke tingkat selanjutnya," ungkap Timur Sardarov, CEO, MV Agusta.

Daniel Arsham dan MV Agusta Superveloce Arsham

MV Agusta Superveloce menggunakan suspensi garpu terbalik Marzocchi dengan diameter 43 mm pada bagian depan yang dapat disetel sepenuhnya dengan travel garpu 125 mm. Kemudian, bagian belakangnya dilengkapi monoshock Sachs yang dapat diatur dengan diameter travel 130 mm.

Tangki bahan bakar berkapasitas 16,5 liter, sedangkan bobot keringnya diklaim 173 kg. Ketinggian tempat duduk diatur pada 830 mm dari permukaan tanah.

Pada bagian pengereman, pabrikan memberinya kaliper empat piston dari Brembo yang terpasang secara radial dengan cakram rem mengambang kembar berdiameter 320 mm di depan dan kaliper dua piston dan cakram 220 mm pada bagian belakang. Sistem pengereman menjadi lebih optimal dengan Continental MK100 Cornering ABS sebagai standar.

Mengambil basis dari MV Agusta Superveloce 800, pabrikan mempertahankan mesin DOHC 3-silinder segaris berpendingin cairan 12 katup berkapasitas 798 cc. Sehingga, motor ini mampu menghasilkan tenaga buas hingga 147 dk dengan torsi 88 Nm.

Sayang harga satu unit motor ini tidak diumumkan namun sebagai pembanding pada tahun 2020 silam, MV Agusta juga pernah merilis 110 unit Superveloce Alpine edisi terbatas dibanderol 36.300 euro atau sekitar Rp607 juta kurs saat ini.