Saingan Honda CR-V Ini Bakal Duluan Hadir di Malaysia atau Indonesia?

JAKARTA - Chery, salah satu produsen otomotif China yang tengah gencar melakukan ekspansi global, kini membawa brand 'Jaecoo' ke pasar Malaysia. Jaecoo, sebagai bagian dari keluarga Chery bersama Omoda, memperkenalkan model terbarunya, J7, yang direncanakan akan hadir di Malaysia awal tahun 2024.

Dilansir dari Paultan, Rabu, 6 Desember, dua unit Jaecoo J7 AWD tiba di Malaysia untuk menjalani uji jalan perdana dengan setir sejajar dengan aturan lalu lintas Malaysia.

Jaecoo J7 memiliki desain gagah dengan dimensi panjang 4.500 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.680 mm, dan wheelbase 2.675 mm. Dengan ukuran tersebut, SUV ini siap bersaing dengan Honda CR-V generasi terbaru.

Eksterior mobil ini menampilkan lampu depan LED yang mencolok dan desain grill lebar yang memberikan kesan gagah. Bagian belakangnya memiliki sentuhan praktis dengan desain lampu memanjang yang elegan.

Interior Jaecoo J7 dilengkapi dengan kluster instrumen digital 10,25 inci dan layar sentuh infotainmen tengah berukuran 14,8 inci. Sistem ini mendukung integrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay nirkabel.

Pengemudi akan menikmati fitur kemewahan seperti kursi elektrik dan berpemanas, head-up display, hands-free pintu belakang, sunroof panoramic, ventilasi AC belakang, sepuluh airbag, serta berbagai sistem bantuan pengemudi seperti Automatic Emergency Braking (AEB), Blind Spot Monitoring (BSM), Lane Departure Warning, dan lainnya.

Jaecoo J7 ditenagai oleh mesin bensin 4-silinder segaris 1,6 liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga hingga 194 dk dan torsi 290 Nm dengan penggerak semua roda. Didukung oleh transmisi dual-clutch tujuh kecepatan, SUV ini mampu mencapai 0-100 km/jam dalam waktu 8 detik dengan konsumsi bahan bakar sekitar 7,48 l/100 km.

Chery juga berencana untuk membawa merek Jaecoo ke pasar Indonesia setelah kesuksesan Omoda 5. PT Chery Sales Indonesia (CSI) diperkirakan akan meluncurkan kendaraan ini di tanah air pada tahun depan apalagi mobil ini juga baru tertangkap kamera melintas di jalanan Jakarta.