Zoom Dukung Transformasi Digital Bagi Penyedia Layanan Kesehatan

 

JAKARTA – Zoom, perusahaan teknologi komunikasi berbasis virtual, menyadari bahwa dukungan teknologi sangat penting dalam memaksimalkan penyediaan layanan kesehatan di Indonesia.

Untuk memberikan sistem pelayanan yang lebih inklusif, perlu adanya kualitas kinerja tenaga medis yang dioptimalkan. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan menyediakan konsultasi secara virtual.

Menurut Head of Asia Pacific Zoom Ricky Kapur, telehealth atau penanganan masalah kesehatan secara virtual terbukti lebih efektif karena masyarakat bisa mendapatkan layanan kesehatan di mana saja dan kapan saja dengan akses yang lebih nyaman dan terjangkau.

Selain telehealth, teleconsultation atau konsultasi berbasis teknologi juga menjadi solusi cerdas untuk saat ini. Ricky menjelaskan bahwa penggunaan teleconsultation di tahun 2022 telah meningkat 1,6 kali lipat dibandingkan dengan tahun 2020.

“Lembaga-lembaga kesehatan perlu mengoptimalisasi tenaga medis yang ada untuk mengatasi kesenjangan akses terhadap layanan berkualitas. Meningkatkan penggunaan teleconsultation merupakan langkah yang tepat,” kata Ricky.

Tak hanya itu, digitalisasi untuk administratif juga menjadi salah satu hal yang penting untuk diterapkan. Kebutuhan seperti pengarsipan data pasien, rapat vendor, hingga hubungan relasi karyawan, semuanya bisa dioptimalkan dengan digitalisasi.

Dengan peningkatan teknologi yang semakin mumpuni, Zoom bertekad untuk terus membantu kinerja dari para tenaga medis melalui platform yang mereka hadirkan. Harapannya, tenaga medis bisa bekerja dengan lebih efisien dan menghemat waktu.

“Digitalisasi tersebut juga membantu para tenaga medis untuk lebih fokus pada hal yang paling penting, yakni memberikan perawatan berkualitas kepada pasien di mana pun mereka berada,” jelas Ricky.