Bagikan:

JAKARTA - Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali, Presiden RI Joko Widodo bertemu dengan CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk

Pada pertemuan itu, Jokowi membahas tentang akselerasi transformasi digital di Indonesia, dan mengajak Musk untuk mengembangkan investasinya di Indonesia, mencakup perusahaan-perusahaan teknologinya seperti Neuralink, SpaceX, Tesla dan Boring. 

"Pak Musk, Indonesia saat ini sedang menjalani percepatan transformasi digital nasional dan membuka banyak potensi investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital. Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan terus mendorong pengembangan investasi perusahaan SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring di Indonesia,” ujar Presiden Jokowi mengutip Infopublik pada Selasa, 21 Mei. 

Terkait kerja sama Starlink yang telah berjalan bersama Kementerian Kesehatan dan beberapa pihak lain, Jokowi berharap Starlink bisa bersinergi secara sehat dengan penyedia layanan internet lokal dalam menyediakan akses internet yang terjangkau. 

Jokowi juga meminta agar layanan Starlink bisa mengutamakan perlindungan konsumen, memberikan harga yang lebih murah untuk penggunaan layanan publik termasuk di puskesmas hingga sekolah terpencil di Indonesia. 

"Kami berharap dapat menyediakan konektivitas Starlink untuk mendukung fasilitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia,” kata Musk menanggapi permintaan Presiden. 

Sebelumnya, sudah ada dua raksasa teknologi dunia yang telah mengumumkan investasinya di Indonesia, yaitu Apple dengan Rp1,6 triliun, dan Microsoft yang mengucurkan dana Rp27,6 triliun.