Profil Peserta Piala Dunia FIFA U-17 2023: Jepang, Patahkan Belenggu Babak 16 Besar

JAKARTA - Sukses di Piala Asia U-17 menumbuhkan rasa optimisme Jepang bisa meraih prestasi besar di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Mereka membawa misi mendobrak kerasnya pintu babak 16 besar di penampilan ke-10 di Piala Dunia U-17.

Persiapan telah dimiliki oleh Samura Biru Muda untuk bersaing di Grup D bersama Polandia, Argentina, dan Senegal.

Penampilan ke-10 Jepang di Piala Dunia U-17 akan dimulai pada 11 November 2023 dengan menjamu Polandia di Stadion Si Jalak Harupat Bandung. Jepang versus Polandia akan dimulai pukul 16.00 WIB.

Laga kedua akan dilalui pada 14 November 2023 di tempat yang sama dengan menjamu tim kuat Argentina. Laga versus Argentina akan dimulai pukul 19.00 WIB.

Dan, pertandingan terakhir penyisihan grup Jepang dilakoni dengan dijamu Senegal di Stadion Si Jalak Harupat Bandung pada 17 November 2023, dengan jadwal kickoff pukul 16.00 WIB.

Jepang berangkat ke Indonesia untuk berpartisipasi pada putaran final Piala Dunia U-17 setelah meraih kemenangan 3-1 atas Australia di perempat final Piala Asia AFC U-17.

Samurai Biru Muda membuat sejarah dengan menjadi negara pertama yang menjuarai turnamen tersebut dua kali berturut-turut. Di partai puncak mereka menang 3-0 atas Korea Selatan.

Di Indonesia Timnas U-17 Jepang diracik oleh pelatih, Yoshiro Moriyama. Mantan pesepak bola yang memilih gantung sepatu pada 1999.

Moriyama memulai karier kepelatihan setelah ditunjuk sebagai pelatih tim muda Sanfrecce Hiroshima. Pada 2015, ia diberi kesempatan melatih tim nasional Jepang U-15, sebelum pindah ke tim U-17 pada 2017.

Penunjukan tersebut membawa Moriyama sukses memberikan kemenangan berturut-turut di Piala Asia U-17.

Moriyama di Indonesia memiliki Gaku Nawata, seorang gelandang serang muda yang bertipikal unggul dalam penguasaan bola.

Nawata memiliki jangkauan umpan yang baik serta memiliki kemampuan mencetak gol yang cukup tajam. Nawata berangkat ke Indonesia sebagai salah satu bintang paling cemerlang di turnamen U-17.

Nawata terlihat cukup menikmati penampilannya di Piala Asia yang berlangsung luar biasa di Thailand. Saat itu Dia mengakhiri turnamen dengan penghargaan sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak dengan lima gol.

Sebuah catatan sejarah yang luar biasa bagi pemilik tendangan bebas yang bagus di partai final Piala Asia AFC U-17 2023 tersebut.

Jepang yang akan tampil di Piala Dunia U-17 FIFA Indonesia 2023, tercatat menjadi tim yang tampil tiga kali berturut-turut di turnamen tersebut. Secara keseluruhan Jepang sudah tampil 10 kali di Piala Dunia U-17 FIFA.

Pada beberapa edisi terakhir penampilan di Piala Dunia U-17, Jepang lolos dari babak penyisihan grup, yaitu ketika digelar di India pada 2017 dan Brasil di 2019.

Namun dari penampilan impresif disetiap penyisihan grup, babak 16 besar masih menjadi pintu keras yang harus dibuka oleh Jepang. Di dua kesempatan tersebut langkah mereka terhenti di awal fase gugur.

Penampilan terbaik Samurai Biru adalah kelolosan mereka ke perempat final pada 1993 dan 2011.

Saat tampil di Indonesia, Jepang telah mencatatkan total 13 kemenangan di Piala Dunia U-17 hingga saat ini. Sebuah torehan tertinggi, yang dimiliki wakil AFC mana-pun.